PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI MANAJEMEM BERBASIS PENDIDIKAN

Authors

  • Dewi Yanti IAI An Nur Lampung
  • Mansur IAI An Nur Lampung

Keywords:

SDM, Manajemen, Pendidikan

Abstract

Kesuksesan sangat erat kaitannya dengan kualitas orang-orang yang menjalankannya. Demikian juga keberhasilan sekolah/madrasah juga ditentukan oleh pengelolanya. Pendidikan yang berkualitas merupakan kunci dari setiap kemajuan dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Di Indonesia, mutu pendidikan masih tergolong rendah. Sumber daya manusia harus mampu memanfaatkan kekuatan dan peluang dengan berani mengambil resiko. Kualitas sumber daya manusia tidak hanya ditunjukkan oleh kemampuan yang secara langsung dapat diukur dari pelayanan yang diberikan, tetapi juga kemampuan untuk menghasilkan ide-ide yang lebih inovatif, kreatif, berkelanjutan, tanggung jawab yang tinggi, berkualitas dan sebaliknya. Salah satu faktor penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah manajemen pendidikan yang terpusat. Pengelolaan ini tidak menjadikan sekolah, baik di tingkat menengah maupun dasar, mandiri dalam pengelolaan dan penguatan sumber daya yang tersedia. Pola manajemen pendidikan yang baru diperlukan untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan, khususnya melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Manajemen berbasis sekolah perlu dilaksanakan karena sekolah lebih mengetahui kebutuhan lembaganya dan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi sekolahnya. Oleh karena itu, artikel ini memaparkan manajemen untuk meningkatkan kualitas tenaga dan sumber daya manusia, yang dalam hal ini menggunakan Man Pamekasan sebagai subjek penelitian.

References

Adisel, & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 3(1).

Adnan, Mohammad. (2019). Urgensi Penerapan Manajemen Pendidikan Islam Di Era Global. Munaqasyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran 1(1): 77–112.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah. (2020). Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah 2020. Jakarta: Kemendikbud.

Batubara, H. H., & Arian, D. N. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDN Sungai Miai 5 dan SDN Surgi Mufti 4 di Banjarmasin. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2), 452–461.

Hamid, H. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 87–96.

Marsidin, S. (2019). Azas Legalitas Akreditasi. disdik.sumbarprov.go.id. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Mulyadi, Y., Iyep, C. H., & Tjeppy, S. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. PPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan), 11(1).

Patras, Y. E., Agus, I., Papat, & Yulia, R. (2019). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah dan Tantangannya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2).

Pratiwi, S. N. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Jurnal EduTech, 2(1).

Purwanto, N. A. (2016). Strategi dalam Menyiapkan dan Membina Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 49-54.

Saberan, R dan Erni, S. (2019). Penerapan manajemen berbasis sekolah. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 74-83.

Seriyanti, N., Syarwani, A., & Destiniar. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 6(1).

Sutisna, M. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Relevansinya di Era Pendidikan Masa Kini. Biormatika Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 3(2).

Tahrun. (2020). Pengaruh Kemampuan Manajerial dan Motivasi Kepala Sekolah terhadap kualitas Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 124-135.

Xie, Z. (2020). Effectiveness of Autonomous Learning Materials for Students during the COVID-19 Pandemic: A Case Study of the Daxie Second Elementary School in Ningbo, Zhejiang, China. SciInsigt Edu Front, 6(1), 613-624.

Downloads

Published

2022-11-25