PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM

Authors

  • Riskun Iqbal IAI An Nur Lampung

Keywords:

Karakter, Pendidikan Agama Islam, Perguruan Tinggi Umum

Abstract

Artikel ini membahas tentang peran pedidikan agama Islam di sekolah dalam pembentukan karakter di perguruan tinggi umum. Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu pilar dan ponadasi dalam pendidikan karakter yang paling utama. Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika dimulai dari tertanamnya jiwa keberagamaan pada mahasiswa, oleh karena itu pendidikan PAI diperguruan tinggi umum sangatlah penting untuk menjadi salah satu penunjang pendidikan karakter. Melalui pembelajaaran PAI mahasisiswa diajarkan aqidah sebagai dasar keagamaannya, diajarkan al-Quran dan hadis sebagai pedoman hidupnya, diajarkan fiqih sebagai rambu-rambu hukum dalam beribadah, mengajarkan sejarah Islam sebagai sebuah keteladan hidup, dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman prilaku manusia apakah dalam kategori baik ataupun buruk. Oleh sebab itu, tujuan utama dari Pembelajaran PAI adalah pembentukan kepribadian pada mahasiswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, keberhasilan pembelajaran PAI dikampus salah satunya juga ditentukan oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat.

References

Abdussalam, A. (2017) Pembelajaran dalam Islam. Yogyakarta : Maghza Pustaka.

Farida, I. (2013) Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Langkah Strategis dan

Implementasinya di Universitas.Lampung: UNILA.

Mahmud, Ali Abdul Halim, 2003, Tarbiyah Khuluqiyah Pembinaan Diri Menurut Konsep Nabawi,Terj Afifudin,Solo,Media Insani.

Permendiknas No 22 Tahun, 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Dasar Dan Menengah.

Ridla, Muhammad Jawwad, 2002. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan IslamPerspektif Sosiologis-Filosofis, Terj Mahmud Arif,Yogyakarta, Tiara Wacana YogyaSudrajat, Ajat, 2011, Mengapa Pendidikan Karakter?, Jurnal Pendidikan Karakter,Vol. 1, No. 1.

Rusn, Abidin Ibnu, 1998. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta,Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2009). Metode PenelitianPenelitian Kualitatif, Kuantitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwito, 2004, Filsafat Pendidikan Akhlak Ibn Miskawaih, Yogyakarta,Belukar.

Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun, 2010-2025Ulwan, Abdullah Nasih, Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam, Terj Sefullah Kamalie Dan Hery Noer Ali, Jilid 2, Semarang,Asy-Syifa.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

=

Downloads

Published

2022-11-24