KENDALA-KENDALA KINERJA GURU ERA COVID 19

(Studi Analisis pembelajaran daring di SMK Al-Ma’arif Way Kanan)

Authors

  • Sri Fatmawati
  • Nanang Abdul Jamal

Keywords:

Guru, Kinerja Guru, Tugas Guru

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah proses pemberian ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik. Selanjutnya dalam upaya proses transfer ilmu pengetahuan melalui proses pembelajaran tersebut banyak sekali kendala-kendala yang dihadapi oleh guru terutama pada saat pembelajaran dengan model Daring di era pandemi virus covid 19 saat ini. Untuk itu dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui apa kendala-kendala kinerja guru dalam era pandemi virus Covid-19.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru, sedangkan sumber skunder dalam penelitian ini adalah buku-buku yang relevan dan teknik analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa kendala-kendala kinerja guru era Covid 19 adalah sebagai berikut; 1)Minimnya alat bantu media elektronik seperti Hp yang dimiliki orangtua siswa. 2)Kurangnya pemahaman orangtua siswa dalam mengoprasikan media elektronik. 3)Kurangnya dukungan jaringan Signal lemah. 4)Minimnya pendapatan ekonomi keluarga sehingga banyak orangtua siswa yang mengalami kesusahan untuk membeli quota internet, 5) Kurangnya kontrol dalam proses pembelajaran. 6)Kurangnya fokus siswa dalam proses pembelajaran. 7)Siswa tidak serius dalam belajar, 8)Tidak terimplementasikannya metode pembelajaran. 9)Guru mengalami kesusahan dalam mengelola kelas. 10)Guru mengalami kesusahan dalam melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi, 11)Guru mengalami kesusahan dalam mengumpulkan dan menggunakan informasi hasil belajar. 12)Proses pembelajaran yang tidak tepat waktu.

References

Oemar Hamalik, Pendekatan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Bandung: Bumi Aksara, 2002.

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Rosda Karya, 2004.

Agustinus Harmino, Kepemimpinn Pendidikan di Era Global, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2014.

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Jakarta, Rosdakarya, 2003.

WJS. Poerwadarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Ondi Saondi, Etika Profesi Keguruan, Bandung: Refika Aditama, 2010.

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Rosda Karya, 2004.

W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar, Cet. Ke 1, Jakarta: PT Grasindo, 2002.

Downloads

Published

2022-04-13