MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 2 SEMENDAWAI SUKU III KABUPATEN OKU TIMUR PROVINSI SUMATERA SELATAN

Authors

  • Maison
  • Damrah Khair
  • Nurul Hidayati Murtafiah

Keywords:

Mutu Layanan Pendidikan, Jasa Layanan Pendidikan, Peserta Didik

Abstract

Kualitas layanan yang baik dan terpenuhinya kepuasan masyarakat dalam aspek bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, empati, dan jaminan merupakan indikator mutu layanan di SMK Negeri 2 Semendawai Suku III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bidang bukti fisik (tangibles),empati (empathy), reliability, Daya tanggap (responsiveness), dan aspek Jaminan (assurance), di SMK Negeri 2 Semendawai Suku III. penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis deskriptif analisis. Menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian  dianalisis menggunakan teknik triangulasi. Sebagai kesimpulan akhir dari tesis ini diperoleh hasil bahwa: Kompetensi guru yang memadai berdasarkan tingkat pendidikan dan kepegawaian. Jaminan yang diberikan seperti jumlah kelulusan mencapai seratus persen, jumlah lulusan yang diterima di sekolah lanjutan negeri serta kemampuan akademik yang menonjol.

References

Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. 2010. Malang: UIN-Maliki Press.

Shadiqqin, Martul. Implementasi Dimensi Kualitas Layanan Konsumen. 2004 Jakarta : Sinar Grafika.

Sudarya, Yahya. Service Quality Satisfaction dalam Layanan Pendidikan: Kajian Teoretis. 2007. Jurnal Pendidikan Dasar. Nomor: 8-Oktober

Sudjana. Nada dkk.. Penelitian dan Nilai. 1989. Bandung: Pendidikan Sinar.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1991. Jakarta: Balai Pustaka.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. Service. Quality Satisfaction. 2007 Yogyakarta.: Andi Ofset.

Valarie A. ZeithamI. Leonard L Berry. & A. Parasuraman. The Behavioral Consequences of Service Quality. 1996. Journal of Marketing Vol. 60-April

Widiastuti, R., & Margaretha, M.. Meningkatkan Mutu Layanan Perguruan Tinggi Melalui Praktik Pengelolaan Quality Work of Life Karyawan. In Conference In Business, Accounting, And Management. 2022 (CBAM). (Vol. 1, No. 3, pp. 897-906).

Raden, Zoeldhan. Pengertian Keputusan Pembelian. 2012 (www.zoeldhaninfomaanajemen.com ). diakses 14 April 2021

Ningrum, Sunvita. S.Si. Kepala SMK Negeri 2 Semendawai Suku III . Wawancara. Tanggal 25 April 2021

Downloads

Published

2022-03-08