INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS MELALUI SISTEM MANAJEMEN KESISWAAN DI MADRASAH ALIYAH AL-ITTIHADIYAH KECAMATAN WAY SULAN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Azqiya Akidatul Izzah IAI An Nur Lampung

Keywords:

Karakter religious, internalisasi, manajement kesiswaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Bagaimana teknik-teknik menginternalisasikan Karakter Religius kepada siswa melalui system manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah Al-Ittihadiyah, kecamatan Way Sulan ; dan (2). Bagaimana model Pembentukan karakter religius melalui system manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah Al-Ittihadiyah, kecamatan Way Sulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian Kualitatif Diskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan tiga teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancaradan dokumentasi.  Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan  model analisa data interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahap: pengumpulan data, koleksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan credibility, dependability, dan comfirmability.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Teknik-teknik internalisasi karakter religius bagi siswa melalui system manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah Al-Ittihadiyah, kecamatan Way Sulan yaitu melalui 4 (empat) proses, yakni: (a). proses perencanaan dilakukan dengan pemberian pengetahuan / informasi secara teori; (b). Proses pelaksanaan melalui kegiatan ubudiyah maupun ekstrakurikuler; (c). Proses pembiasaan melalui pembentukan budaya religius, dan (d). pengawasan (evaluasi) yang berkelanjutan berupa pemberian kartu monitoring kegiatan ubudiyah maupun ekstrakurikuler serta melalui tawasukh (saling mengingatkan) dengan teladan dan penilaian masyarakat.  Dan (2). Model internalisasi karakter religius bagi siswa melalui system manajemen kesiswaan diMadrasah Aliyah Al-Ittihadiyah, kecamatan Way Sulan yaitu meliputi 3 tahapan yaitu:(1). Tahap Transformasi Nilai (Moral Knowing),(2).Tahap Transaksi Nilai (Moral feeling/Moral Loving), dan (3). Tahap Transinternalisasi (Moral Doing/ Moral Action).

References

Bambang dan Adang Hambali. 2009. Pendidikan Karakter Berbasis AlQur’an. Bandung: Refika Offset.

Djohar. 2003. Pendidikan Strategik: Alternatif Untuk Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: LESFI.

Jalal, Faisal. 2010. DesainInduk Pembangunan Karakter Bangsa, Makalah, disajikan dalam Rembuk Nasional yang diselenggaraka noleh Kedeputian Seswapres Bidang Politik bekerjasam adengan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung tanggal 1 Juni di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character; How Our School can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character; How Our School can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Ma’arif, Syamsul. 2007. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit GrahaIlmu.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sukmadinata

Suprayogo, Imam. 2007. Quo Vadis Madrasah Gagasan, Aksi dan Solusi Pembangunan Madrasah. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tilaar, Haar. 2004. Pradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-02-22