SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PRMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH GEDONG TATAAN

Authors

  • Wahyuningsih
  • Umi Kulsum
  • Mujiyatun

Keywords:

Supervisi Akademik, Kepala Madrasah, dan Mutu Pembelajaran

Abstract

Supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMP Muhammadiyah Gedong tataan merupakan usaha untuk meningkatkan mutu pembelajaran melalui pembinaan, serta bimbingan kepada para guru dalam merencanakan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, serta evaluasi hasil belajar siswa dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan; 1) mendeskripsikan perencanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMP Muhammadiyah Gedong tataan 2) mendeskripsikan strategi pelaksanaan supervisi akademik kepala SMP Muhammadiyah Gedong tataan dan 3) mendeskripsikan implikasi supervisi akademik kepala SMP Muhammadiyah Gedong tataan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Muhammadiyah Gedong tataan. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu peneliti hanya mendeskripsikan, menganalisis fenomena, peristiwa dan aktivitas yang dilakukan berkaitan dengan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMP Muhammadiyah Gedong tataan dengan teknik pengumpulan data melalui: (1) observasi (2) wawancara mendalam, dan (3) studi dokumentasi. Adapun pemilihan informan penelitian, menggunakan teknik purposif dipadukan dengan snowball sampling. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tadi kemudian dicek keabsahannya dengan cara triangulasi. Kemudian dianalisis dengan cara : (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan temuan sebagai berikut: (1) program supervisi akademik kepala SMP Muhammadiyah Gedong tataan disusun berdasarkan hasil analisis supervisi dan pemantauan proses pembelajaran sebelumnya; program supervisi akademik kepala sekolah disusun pada awal tahun pelajaran, dengan terlebih dahulu mengidentifikasi masalah, menentukan tujuan dan menentukan  waktu pelaksanaannya, melibatkan wakasek kurikulum, wakasek penjamin mutu, dan guru; dan dilakukan secara sistimatis, (2) strategi pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah meliputi: melakukan supervisi perangkat pembelajaran, supervisi dengan tehnik kunjungan kelas, dan pengamatan terhadap kegiatan guru di kelas, dan pelaksanaan tindak lanjut terhadap hasil supervisi akademik dengan bentuk pembinaan personal dan kelompok. (3) implikasi supervisi akademik kepala sekolah yaitu: (a) meningkatnya kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran (b) meningkatnya kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran,(c) meningkatnya kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Wahyuningsih, Umi Kulsum, & Mujiyatun. (2023). SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PRMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH GEDONG TATAAN. UNISAN JURNAL, 2(4), 364–374. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/845

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.