IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIQSAW, DEBAT AKTIF DAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Authors

  • mulyanto mulyanto
  • tamyiz tamyiz
  • umi kulsum

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa implementasi strategi pembelajaran aktif belum dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MA Diayatul Islamiyah Seriguna OKI. Penelitian ini adalah penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif atau mengevaluasi bagaimana implementasi strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan langkah-langkah reduksi data, display, verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa belum meningkat kearah yang lebih baik karena faktor-faktor sebagai berikut: (1) Perhatian guru terhadap siswa yang tidak aktif masih kurang, (2) Guru kurang memahami potensi sebenarnya yang dimiliki siswa, sering mengukur kemampuan siswa menggunakan standar melebihi realitas, sehingga terkesan siswa harus bisa, (3) Kurang maksimalnya dalam memanfaatkan media yang mendukung kegiatan pembelajaran, (4) Guru masih lebih mendominasi kegiatan belajar-mengajar, (5) Bahasa yang digunakan guru kurang komunikatif, (6) Penjelasan tentang pedoman evaluasi terutama kegiatan yang harus dilakukan peserta didik kurang.

 

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

mulyanto, mulyanto, tamyiz, tamyiz, & kulsum, umi. (2023). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIQSAW, DEBAT AKTIF DAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. UNISAN JURNAL, 2(4), 907–913. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/756

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.