PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTs Al ITTIFAQIAH 2 TANJUNG LUBUK INDRALAYA SELATAN OGAN ILIR

Authors

  • jefri rismawan IAI An Nur Lampung
  • Ade Imelda Firmayanti IAI An Nur Lampung
  • Endang Ekowati IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kata Kunci: Peran, Menumbuhkan Minat Membaca Al-Qur’an

Abstract

Efektivitas dan efisiensi dalam menumbuhkan minat belajar dan pembelajaran siswa sangat bergantung kepada peran guru dan peran keluarga. Dengan Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Guru dan Orang Tua dalam menumbuhkan minat membaca al-qur’an peserta didik di MTs Al Ittifaqiah 2 Tanjung Lubuk, Untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi peran Guru dan Orang Tua dalam menumbuhkan minat membaca al-qur’an pada peserta didik di MTs Al Ittifaqiah 2 Tanjung Lubuk. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif, Pengumpulan data dengan metode observasi, interview dan metode dokumentasi. Data primer terdiri dari guru, orang tua dan siswa dan data sekunder digunakan untuk mendapatkan informasi secara tidak langsung dari sumbernya.

Hasil penelitian peran orang tua, orang tua telah mengontrol kegiatan belajar anak, memantau perkembangan akademik, memantau perkembangan kepribadian, memantau efektifitas jam belajar anak. Sementara itu, guru telah berperan sebagai fasilitator, pembimbing motivator organisator dan manusia sumber dan membuahkan hasil yang positif yaitu adanya peningkatan minat membaca al-Qur’an pada peserta didik di MTs Al Ittifaqiah 2 Tanjung Lubuk Indralaya Selatan Ogan Ilir dengan tahapan perkembangan indikator pada penelitian membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, tidak mengerti tajwid tidak dapat membedakan makharijul huruf dan belum bisa membaca al-Qur’an. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran orang tua dan guru dalam menumbuhkan minat yaitu faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik sendiri, faktor internal ini lebih pada kesiapan diri peserta didik dalam belajar yang dipengaruhi oleh faktor fisiologis yaitu dalam hal kesiapan rohaniah, faktor eksternal yaitu faktor yang datang dari luar diri peserta didik, faktor ini meliputi faktor keluarga (orang tua), bagaimana cara orang tua mendidik, hubungan orang tua dengan anak, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, dan faktor seolah yang terdiri dari faktor pengajar.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

rismawan, jefri ., Ade Imelda Firmayanti, & Endang Ekowati. (2022). PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTs Al ITTIFAQIAH 2 TANJUNG LUBUK INDRALAYA SELATAN OGAN ILIR. UNISAN JURNAL, 1(1), 783–796. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/398

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.