MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KOPETENSI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Muhammad Aris Munandar IAI An Nur Lampung

Keywords:

Manajemen, Pengembangan, Kinerja, Guru

Abstract

Penelitian ini mengkaji program Pengembangan Kompetensi dalam meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program pengembangan Kompetensi, Mengetahui kendala  kendala yang dihadapi dalam pengembangan kompetensi kinerja guru di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung, dan mengetahui strategi Kepala Madrasah dalam pengembangan kompetensi kinerja Guru di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Hasil penelitian ini mengungkapkan sebagian besar Guru di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung sudah sesuai dengan standar pendidikan. Namun, sebagian kecil guru masih ada menggunakan satu metode saja dalam mengajar (metode klasik) dan kurang mahir dalam mengoperasikan teknologi dan informasi yang tersedia. Adapun kendala yang dihadapi adalah terkait dengan sarana dan prasarana, Anggaran yang terbatas, dan dari guru itu sendiri. Strategi Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kompetensi Kinerja Guru dengan diskusi, rapat, pendekatan secara profesional dan emosional memberikan wadah dan mengikutsertakan para guru dalam kegiatan-kegiatan dalam rangka pengembangan kompetensi kinerja Guru.

References

A.Hakam Naja. 2003 Undang-undang Guru Dan Dosen. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Abdullah Munir. 2002. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Afrizal. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Akhmad Sudrajat.2003. Kurikulum dan Pembelajaran dalam Paradigma Baru. Jogjakarta: Paramitra Publishing.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Buchari Alma. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Burhan Bungin. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Burhanudin, dkk. 2008. Komitmen Guru Profesional. Jakarta: Ull Press.

Dapertemen Agama RI Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi. 2010 Edward Sallis. Alih Bahasa Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi. Total Quality Engkoswara. Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah. Bandung : yayasan Amal Keluarga. t.t) E. Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2008

Daryanto. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. 2011

Departemen Agama RI. Al-qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Bintang Indonesia Jakarta. 2011

Fachruddin Saudagar. dkk. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada. 2011

Hari Suderadjat, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah, (Bandung : Cipta Cekasa Grafika, 2005. Jogjakarta : IRCiSoD. 2006

Hari Suderadjat. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. (Bandung : Cipta Cekasa Grafika Hamzah B Uno. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2008 Hallen. Bimbingan dan Konseling. Jakarta :Ciputat Press. 2001

Hasan, M., Warisno, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro. An Naba, 5(2), 34-54.

Imam Suprayogo dan Tobroni. Metodologi Penalitian Sosial-Agama. (Bandung: Remaja Rosdakarya. 2003

Jamil Suprihatiningrum. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Jakarta: Ar-Ruzz Media. 2013

Khairuddin. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional Guru pada Madrasah Aliyah Ruhul Kudus Banda Aceh. Jurnal Tabularasa, Vol. 11, No. 1,. 2014

Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2008 Made Pidarta. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. 2004

M. Ngalim Purwanto. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2006

Malayu Hasibuan S. P. Manajemen, Dasar, Pengertian, Dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara Martinis Yamin. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada. 2009

Masganti Sitorus. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. (Medan: IAIN PRESS. 2011

Minnah El Widdah dan Syamsul Huda. Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Madrasah. Jambi : Salim Media Indonesia. 2018

Moch. Idochi Anwar. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2004

Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2009 Moh. Uzer Usman. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2008

Muhammad, Etika Bisnis Islam, Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta. t.t Mulyasa. E. Menjadi Kepala Madrasah Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2006

Mulyasa. Implementasi Kurikulum 2004;

Nana Sujana. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung : Sinar Biru. 2003 Nasution. Metode Research. Jakarta : Bumi Aksara, 2002

Noeng Muhadjir. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Rakesarasin. 1996 Oemar Hamalik. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara. 2004

Piet A. Sahertian. Profil Pendidikan Profesional. Yogyakarta: Andi Offset. 2008 Pringgodigdo. Ensiklopedi Umum. Yogyakarta: Kanisius. 1993

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. 2008

Sugiyono. Metode Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. 2015

Sugiyono. Statistik untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2010

Suharsimi Arikunto. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta. 2010

Suharsimi Arikunto. Organisai dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: CV. Rajawali. 1990

Sulistyorini. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras. 2009

Sutrisno Hadi. Metodologi Researc. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM. 1983 Syafaruddin dkk. Ilmu Pendidikan Islam : Melejitkan Potensi Budaya Umat. Jakarta : Hijri Pustaka Utama,. 2012

Syaiful Sagala. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta. 2009

Syaiful Sagala. Kepemimpinan Profesionalisme Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta. 2011

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang GURU dan DOSEN. Bandung: Citra Umbara. 2006

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Madrasah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2005

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjaun Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada. 2010

Yatim Riyanto. Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas). Jakarta: Kencana. 2010

Zulkifli. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada Sma Negeri 1 Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar, Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. XIV, No. 2, Februari 2014

Downloads

Published

2023-01-11