DIGITAL MARKETING PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Authors

  • Riskun Iqbal IAI An Nur Lampung

Keywords:

Digital Marketing, Etika Bisnis, Islam

Abstract

Kehadiran teknologi memberikan kemudahan bagi perusahaan atau pelaku bisnis dalam berinteraksi dengan calon konsumennya melalui media sosial dan website. Digital marketing dinilai mampu menjangkau semua kalangan, dimana pun, kapan pun dan dengan cara apapun. Kondisi yang ramai ini ternyata memberi lahan baru bagi para kriminal digital. Etika-etika dalam berbisnis tak lagi menjadi hal pentinguntuk dilakukan. Keberkahan dalam menjalankan usaha tidak menajadi tolak ukur utama sehingga cara-cara yang tidak benar pun menjadi sebuah pilihan untuk mendapatkan keuntungan. Akhlak yang harus menghiasi para pelaku bisnis baik individu maupun perusahaan yang mengembangkan digital marketing adalah sifat-sifat yang dicontohkan Nabi Muhammad saw dalam berbisnis diantaranya: Sidiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah. Terdapat sembilan etika pemasaran yang menjadi prinsip-prinsip bagi syariah marketer dalam menjalankan fungsi-fungsi pemasaran yang sesuai serta tetap berada dalam koridor syariah, yaitu (a) memiliki kepribadian spiritual, (b berperilaku baik dan simpatik, (c) berlaku adil dalam bisnis, (d) bersikap melayani dalam dengan rendah hati, (e) menepati janji dan tidka curang, (f) jujur dan terpercaya, (g) tidak suka berburuk sangka, (h) tidak menjelek-jelekkan, (i) tidak melakukan sogok.

References

Anggraeny, G. (2017). Pembelajaran dan Implementasi Etika Bisnis Islam: Studi pada Mahasiswa Akuntansi Syariah IAIN Surakarta. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 231-242.

Antonio, M. S. I. (2018). Ensiklopedia Leadership dan Manajemen Muhammad SAW" The Super Leader super Mnager". Tazkia publishing.

Arifin, J., & Aziz, A. (2009). Etika Bisnis Islami. Semarang : Walisongo Press.

Arijanto, A. (2020). Etika bisnis bagi pelaku bisnis. Rajawali pers.

Badroen, F., Mufraeni, M. A., & BAshori, A. D. (2015). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana.

Baidowi, A. (2011). Etika bisnis perspektif islam. Jurnal Hukum Islam.

Barus, E. E., & Nuriani, N. (2016). Implementasi Etika Bisnis Islam (Studi Pada Rumah Makan Wong Solo Medan). JPED (Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam)(Darussalam Journal of Economic Perspectives), 2(2), 125-146.

Blickle, G., Witzki, A. H., & Schneider, P. B. (2009). Mentoring support and power: A three year predictive field study on protégé networking and career success. Journal of Vocational Behavior, 74(2), 181-189.

Harahap, S. S. (2011). Etika bisnis dalam perspektif islam. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir, S. E. (2015). Studi Kelayakan Bisnis: Edisi Revisi. Prenada Media.

Mujahidin, Akhmad. (2007). Islam dan Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mursid, M. (2008). Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Nawatmi, S. (2010). Etika bisnis dalam perspektif Islam. Fokus Ekonomi, 9(1), 24402.

Robiah, F. (2019). Marketing Hebat Ala Rasulullah, Jawa Tengah: Tinta Medina.

Rofi'ah, K. (2014). Urgensi etika di dalam sistem bisnis islam. Justicia Islamica, 11(2).

Sampurno, W. M. (2016). Penerapan etika bisnis Islam dan dampaknya terhadap kemajuan bisnis industri rumah tangga. Journal of Islamic Economics Lariba, 2(1), 13-18.

Tarigan, J., & Sanjaya, R. (2013). Creative digital marketing. Elex Media Komputindo.

Tlaiss, H. A. (2015). How Islamic business ethics impact women entrepreneurs: Insights from four Arab Middle Eastern countries. Journal of Business Ethics, 129(4), 859-877.

Downloads

Published

2022-11-23