EFISIENSI METODE DEMONSTRASI MELALUI ZOOM MEETING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • Diana IAI An Nur Lampung
  • Jalaluddin
  • Agus Kenedi

Keywords:

Metode, Zoom Meeting, Kognitif

Abstract

Pembelajaran jarak jauh atau online learning saat ini menjadi pilihan utama dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dalam dunia pendidikan, pertumbuhan pendidikan jarak jauh atau teknologi pembelajaran online telah membawa warna dan corak baru. Kondisi ini semakin diperkuat dengan perkembangan pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi yang tidak memaksa siswa untuk berkumpul dalam kelompok besar dan dibatasi oleh waktu dan tempat. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi Zoom Meeting sebagai aplikasi edukasi merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran. Aplikasi zoom ini membantu siswa dan  guru untuk mengajar. Meskipun jauh atau jauh, aplikasi rapat zoom  dapat membantu merampingkan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untu mengetahui efisiensi metode demonstrasi melalui zoom meeting untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan buku dan literatur lain sebagai topik utama. Hasil penelitian mengemukakan bahwa pembelajaran menggunakan zoom meeting dalam mengembangkan aspek kognitif anak tidak selalu berjalan mulus, bahkan terdapat banyak kendala. Pembelajaran yang ditekankan dengan pengalaman langsung, sulit diterapkan. Anak-anak yang sangat membutuhkan pendampingan secara langsung oleh orangtua dan guru. Guru hanya memantau secara online tanpa dapat berinteraksi secara langsung dengan anak. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan pembalajaran melalui zoom meeting adalah keterbatasan siswa dalam kepemilikan smartphone, pengetahuan teknologi informasi , jaringan sinyal yang susah, dan keaktifan siswa dalam belajar.

References

Agustiniari, Luh Putu. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 2 Nomor 1 Tahun 2014)

Arifin, Muzzayyin . Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Buna Aksara,2019)

Arikuntoro, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta : Rieneka Cipta, 2006)

Darmiah. Perkembangan Kognitif Anak Usia MI. Jurnal. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-raniry Banda Aceh. (Banda Aceh : 2019)

Daryanto. “Strategi dan Tahapan Mengajar Bekal Keterampilan Dasar Bagi Guru”.(Bandung: Yrama Widya, 2016)

Djamar, Syaiful Bahri, Aswan Jain. Strategi Belajar Mengajar.(Jakarta: rineka cipta.2006).

Fartati. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Benda Bergerak Di Kelas II SD No. 1 Polanto Jaya. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4 ISSN 2354-614X

Hidayat, Rahmat. Konsep Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Masyarakat Islam (Studi Pemikiran Burhanuddin Al Zarnuji), Alfuad Journal, Volume 3 No 2 , December 2019.

Mengenal aplikasi meeting zoom,tersedia di: https://tirto.id/mengenal-aplikasimeeting-zoom-fitur-dan-cara-menggunakannya-eGF7 diakses pada tanggal 22 Juni 2021 pukul 08.00 WIB.

Nurrahmawati Erfha., Eti Hadiati, Siti Fatimah, Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak, Jurnal-Al-Athfaal Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini E ISSN : 2622-5182, PISSN : 2622-5484

Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka,1986)

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Salmiati, Nurbaity, Desy Mulia Sari, Upaya Guru Dalam Membimbing Perkembangan Kognitif Anak., Jurnal ISSN 2355-102X, Vol. III Nomor 1. (Maret 2019)

Srianis, Komang. Ni Ketut Suarni, Putu Rahayu Ujianti, Penerapan etode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk, Vol 2 No 1 Tahun 2014

Suhery, Trimardi Jaya Putra Dan Jasmalinda, “Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1, No.3, 2020

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak (Jakarta: Prenada Media Group, 2011)

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Cet. IX; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004)

Tajudin, Nilawati. Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini Perspektif Al Qur’an. (Depok: Heriya Media, 2014).

UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003

Zoom video communications, tersedia di: https://id.wikipedia.org/ wiki/ Zoom_Video_Communications diakses pada tanggal 18 Desember 2021 pukul 21.00 WIB.

Downloads

Published

2021-12-23