Pengaruh Penerapan Metode Ice Breaking Tipe Tic Tac Toe Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Mis Riyadlotut Tholibin

Authors

  • A Siti Nurkholifah Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Metode Ie Breaking, Tic Tac Toe, Motivasi Belajar

Abstract

Pendidikan adalah salah satu bentuk kebutuhan manusia.
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan primer bagi setiap manusia.
Karena pendidikan itu berperan penting dalam pembentukan baik
atau buruknya seseorang dalam ukuran normatif. Pendidikan menjadi
salah satu aspek dalam meningkatkan potensi sumber daya manusia
(SDM) yang berkualitas. SDM yang berkualitas akan memiliki ideide yang kreatif dan dapat mencari solusi terbaik dalam setiap
masalah yang ada. Metode pembelajaran yang dikombinasikan
dengan sebuah games akan membuat siswa terasa segar dan dapat me
refresh kembali semangat belajarnya. Seperti penggunaan ice
breaking. Ice breaking digunakan untuk penciptaan suasana belajar
dari pasif ke aktif, dari kaku menjadi relaks, dan dari jenuh menjadi
segar. Ice breaking itu bukan tujuan utama dalam pembelajaran, akan
tetapi ice breaking menjadi pendukung utama dalam menciptakan
suasana baru dalam pembelajaran. Hasil pengaruh ice breaking
terhadap hadil belajar rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih
besar dari nilai post test kelas kontrol yaitu 89,95>77,04 sehingga
HO diterima yang berarti ada pengaruh signifikan ice breaking
terhadap hasil belajar peserta didik Mis Riyadlotut Tholibin, dan 3)
hasil pengaruh ice breaking terhadap motivasi dan hasil belajar yaitu
angket motivasi dan post test dengan uji manova diperoleh sig<0,05
yaitu 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak artinya ada pengaruh ice
breaking terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik Mis
Riyadlotut Tholibin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ice
breaking digunakan dalam pembelajara, maka motivasi dan hasil
belajar peserta didik di Mis Riyadlotut Tholibin meningkat.

Downloads

Published

2023-08-02