PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DAN UPAYA MENGATASINYA PADA SISWA KELAS X IIS 1 MADRASAH ALIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN SIDOHARJO JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Rahmawati Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Metode Pembelajaran, Aqidah Akhlaq, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya problematika
pembelajaran aqidah akhlak yang ada di madrasah. Pada era ini
masih ditemukannya siswa-siswi di madrasah yang kurang
memperhatikan akhlak ketika bertemu dengan orang lain. Guru
sebagai seorang pendidik diharapkan mampu mengatasi problematika
tersebut. Adapun teknik penentuan penelitian ini menggunakan
purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah
terkumpul di analisis menggunakanreduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada proses pembelajaran
aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin adalah
sebagaimana proses pembelajaran pada umumnya. Metode yang
digunakan ketika pembelajaran seperti mengamati, diskusi, dan tanya
jawab. Sarana dan prasarana yang digunakan juga sudah cukup
lengkap. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika
pembelajaran aqidah akhlak pada kelas X IIS 1 yaitu dengan
memberikan motivasi nasihat, memberikan contoh perilaku yang baik
sertamemahami karakteristik siswa. Sedangkan upaya yang dilakukan
madrasah adalah dengan menerapkan peraturan – peraturan yang
ketat dan dan memberikan peringatan atau teguran sesuai tingkat
kenakalan siswa.

Downloads

Published

2023-08-02