MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Siti Komariyah Insitut Agama Islam An-Nur Lampung, Indonesia
  • Nurhidayah Institut Agama Islam An Nur, Lampung, Indonesia
  • Nova Andriyana Institut Agama Islam An Nur, Lampung, Indonesia
  • Nurul Hidayati Murtafi’ah Institut Agama Islam An Nur, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57146/alwildan.v1i2.671

Keywords:

manajemen pembiayaan, efektif, mutu pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan manajemen pembiayaan pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian menggunakan kajian data pustaka berupa buku-buku sebagai sumber data. Penelitian dilakukan dengan membaca, menelaah, dan menganalisis literature seperti buku, artikel, dan karya ilmiah lainnya. Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan sebagai investasi dalam menghasilkan manusia-manusia yang memiliki pengetahuan sikap dan keterampilan yang dibutuhkan dalam pembangunan suatu bangsa. Manajemen pembiayaan pendidikan memegang peranan penting dalam meraih tujuan pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperhatikan standar nasional pendidikan yang berlaku di Indonesia diantaranya adalah standar pembiayaan. Kebijakan pendidikan dikembangkan oleh pemerintah pusat daerah dan masyarakat yang mengacu pada UU No. 22 tahun 1999 tentang pemerintahan daerah serta perangkat peraturan yang berlaku. Pembiayaan pendidikan sangat dibutuhkan untuk kebutuhan operasional, dan gaji, kesejahteraan pegawai, peningkatan kegiatan proses belajar mengajar, pemeliharaan dan pengadaan sarana dan prasarana, peningkatan pembinaan kesiswaan, peningkatan kemampuan professional guru, administrasi pendidikan dan pengawasan. Proses belajar mengajar akan meningkat apabila tujuan yang akan dicapai memenuhi persyaratan. Akan tetapi dunia pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai persoalan yang serius, dari rendahnya alokasi anggaran dari pemerintah.

References

Apriyanto, S., & Nurhayaty, A. (2019). Born In Social Media Culture: Personality Features Impact In Communication Context. In Y. Nasucha (Ed.), icollit (pp. 167–175). Indonesia: UMS Press. Retrieved from icollit.ums.ac.id/2018

Aslamiyah, N., Supriyanto, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Kebijakan Pengambilan Keputusan Pimpinan Dilingkungan Pondok Pesantren untuk Meningkatkan Kualitas Manajerial Pendidikan Formal. Attractive: Innovative Education Journal, 4(3), 1–12.

Bangun, S. Y. (2012). Analisis Tujuan Materi Pelajaran dan Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Cerdas Sifa, 01(01), 1–10.

Dalman, Hesti, & Apriyanto, S. (2020a). Conversational implicature: A pragmatic study of “our conversation” in learning at university. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(8), 4332–4340. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I8/PR280450

Dalman, Hesti, & Apriyanto, S. (2020b). Conversational implicature: A pragmatic study of “our conversation” in learning at university. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(8), 4332–4340.

Elvalina, D. (2016). Kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Dalam Menerbitkan Izin Pertambangan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. JOM Fakultas Hukum, III(2). https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007

Fattah, N. (2000). Ekonomi dan pembiayaan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fuadah, Y. T., & Murtafiah, N. H. (2022). PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEPEMIMPINAN SPIRITUAL KEPALA MADRASAH. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 8(2), 120–146.

Halcomb, E. J., & Hickman, L. (2015). Mixed methods research. Nursing Standard: Promoting Excellence in Nursing Care, 29(32), 41–47. https://doi.org/10.4135/9781412963909.n269

Hasanah, R. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRESPEKTIF AL-QURAN HADITS Rafiatul. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, Volume IV(1), 3. Retrieved from jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika

Hasibun, M. S. (1993). Manajemen (Dasar, Pengertian dan Masalah). Jakarta: CV. Haji Masagung.

Herman, M., Mulya, C., & Apriyanto, S. (2021). The Implementation of Education Financing Through Bos Fund Management in Improving. Jurnal Inspiratif Pendidikan, X(1), 90–101.

Indrawati, Y. (2006). Kinerja Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi ( Kbk ) Pada Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Manajemen & Bisnis Sriwijaya, 4(7), 8.

Jannah, S. R. (2013). Karakteristik Dan Spektrum Manajemen Pendidikan Islam. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 4, 56498.

Julaiha, S. (2019). Konsep kepemimpinan kepala sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 6(3), 51–62.

Kurnia, R. (2018). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dan Implementasinya. Fitra, 2(2).

Kusuma, H. A., & Apriyanto, S. (2018). Strategy on Developing English Learning Material for Specific Purposes. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 1(3), 39. https://doi.org/10.31764/ijeca.v1i3.2144

Nurul Hidayati Murtafiah. (2021). Analisis Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Handal dan Profesional ( Studi Kasus : IAI An-Nur Lampung ). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 789–812. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2358

Patiung, D., Mujahidah, N., Nurafia, N., Hayati, N., Amalia, S., & Ardianti, N. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana Bright Star Makassar School Di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6905

Pratiwi, M. B., & Novianty, I. (2020). Strategi Bertahan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pandemi COVID-19 pada Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, 26–27.

Rambe, A. A. (2011). Pendekatan Sistem Dalam Perencanaan Dan Manajemen Pendidikan. Ta’dib, 14(2). https://doi.org/10.31958/jt.v14i2.208

Ristekdikti. (2015). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Direktorat Jendral Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Dokumen 00, 1–9.

Stoker, Laura and Levi, M. (2000). POLITICAL TRUST AND TRUSTWORTHINESS. Annu. Rev. Polit. Sci, 3, 475–507. https://doi.org/1094-2939/00/0623-0475

Subarino. (2022). Increasing Library Usage through Fun Library Program at SMAN 1 Sedayu. International Journal Corner of Educational Research (IJCER), 1(2), 97–103. https://doi.org/10.54012/ijcer.v1i2.103

Sulastri, S. E., Sari, T. L., Marlina, Y., Wijaya, E. R., & Hidayah, N. (2022). Operational Financial Management of Jami’atul Qura’wal Hufadz Islamic Boarding School Palembang. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.54012/jcell.v2i2.94

Terry, G. R. (2009). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Umro, J. (2020). TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0. Al-Makrifat, 5(1), 1–12.

Yansyah, M. (2022). The Effectiveness of Teacher Performance Management in the Implementation of Student Learning. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 1(4), 227–234.

Zuryati, AR, D., & Usman, N. (2015). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SDN 7 MUARA DUA LHOKSUEMAWE. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2), 38–48.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Komariyah, S., Nurhidayah, N., Andriyana, N. ., & Murtafi’ah, N. H. . (2022). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 78–86. https://doi.org/10.57146/alwildan.v1i2.671