Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Kecerdasan Spritual Siswa Kelas III Di MI Nurul Islam Jati Anggung Lampung Selatan

Authors

  • Nur Hidayah Institut Agama Islam an-Nur Lampung

Keywords:

Peran Guru, Akidah Akhlak, Kecerdasan Spritual

Abstract

Guru merupakan contoh yang selalu ditiru oleh para siswa-siswinya Karena Guru merupakan orang terdekat yang dilihat oleh para siswa dan siswi di lingkungan sekolah sebagaimana dikatakan oleh Ki Hajar Dewantara dalam kalimat Ing Ngarso Sung tulodo ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani yang memiliki arti didalamnya guru menjadi contoh teladan untuk para siswa dan siswi nya dalam membangkitkan semangat belajar juga berkreasi dengan bimbingan guru di sekolah. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif Dengan alat Pengumpul Data Observasi Wawancara dan Dokumentasi. Selanjutnya dilakukan Analisis, hasil analisis tersebut: Peran Guru dapat membantu siswa saat siswa belum memahami materi pembelajaran yang guru berikan serta saat siswa Belum memahami bacaan dalam ibadah sholat, saya sebagai guru akan membantu menjelaskan dan membimbing siswa tersebut, dalam meningkatkan kecerdasan spiritualĀ  siswa siswi, Guru akidah akhlak mempunyai program atau kegiatan untuk siswa siswinya, dalam meningkatkan akhlak siswa diantaranya praktek ibadah, hafalan doa dan ibadah sehari - hari.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles