METODE PEMBELAJARAN DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN

Authors

  • Nur Widiastuti IAI ANNUR LAMPUNG

Keywords:

Metode Pembelajaran,internalisasi nilai-nilai ke-Islaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran dalam upaya internalisasi nilai-nilai ke-Islaman serta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat metode pembelajaran dalam internalisasi nilai-nilai ke-Islaman. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis terdapat serangkaian metode pembelajaran yang terdiri dari metode pembiasaan, keteladanan, diskusi, penugasan, dan problem solving. Metode pembelajaran ini dilaksanakan secara simultan melalui proses transformasi nilai, transaksi dan transinternalisasi, dan menjadipola pikir, sikap dan tindakan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung adalah lingkungan madrasah dan masyarakat yang mencerminkan nilai-nilai ke-Islaman. Faktor penghambat adalah tidak semua peserta didik tinggal di asrama/pondok pesantren

Downloads

Published

2023-01-05

Issue

Section

Articles