IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Nurlela Institut Agama Islam an-Nur Lampung

Keywords:

Manajemen, Mutu, Pendididkan

Abstract

Manajemen pembelajaran merupakan proses mengelola, yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian (pengarahan), dan pengevaluasian kegiatan yang berkaitan dengan proses membelajarkan peserta didik dengan mengikutsertakan berbagai faktor didalamnya, guna mencapai tujuan pendidikan dan berupaya meningkatkan mutu pendidikan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif yang terdiri dari : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Proses manajemen pembelajaran di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung berjalan dengan baik, dengan diterapkannya pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan dan pengorganisasian yang telah ditentukan; (2) Standar mutu pendidikan yang diterapkan oleh MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung terus meningkat (3) Mutu pendidikan MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung mengalami peningkatan dari tahun ke-tahun dilihat dari banyaknya lulusan yang berprestasi dan mampu melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi

Downloads

Published

2023-01-05

Issue

Section

Articles