KONSEP PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF MAKIYYAH-MADANIYYAH

Authors

  • Sigit Budiyanto Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Keywords:

Pendidikan, Makkiyyah Madaniyyah

Abstract

Pendidikan di era kontemporan mengalami banyak kendala karena mulai kehilangan panduan dan konsep yang begitu rumit. Hal ini mengakibatkan hasil dari produk pendidikan tersebut mengalami kemunduran, dimulai dari kenakalan remaja, hingga pejabat yang hanya memikirkan diri sendiri tidak lagi memikirkan kesejahteraan merupakan bukti bahwa kemunduran dibidang pendidikan telah dialami di zaman ini. Walaupun generasi terdahulu sudah ditetapkan sebagai generasi terbaik akan tetapi konsep dan pola yang Allah Swt berikan lewat Nabi dan Kitab-Nya dapat menjadi rujukan konsep pendidikan sepanjang masa. Perbedaan kondisi umat, bahasa dan zaman bukan menjadi penghalang dalam mengambil konsep terbaik ini. Konsep pendidikan yang diberikan merupakan konsep pendidikan yang sudah terbukti sejak seribu empat ratus tahun yang lalu. Konsep tersebut adalah konsep Makkiyyah dan Madaniyyah yang menjadi pokok bahasan dalam ulumul Quran dan tafsir. Kemampuan menganalisis dalam kajian makkiyyah madaniyyah yang dilakukan oleh para ulama klasik maupun kontemporer hingga para orientalispun turut andil didalamnya, sehingga dapat mengispirasi bagi generasi modern ini untuk dengan mudah mengambil secara kontek pendidikan terhadap kajian makkiyah madaniyyah. Analisis tersebut menghasilkan sebuah konsep pendidikan yang mudah dan ringkas diantaranya : penetapan jenjang pendidikan berdasarkan fase makkah dan madinah, pengelolaan materi pendidikan berdasarkan isi muatan materi yang terdapat dalam ayat-ayat makkiyah, kurikulum pendidikan disesuaikan dengan urutan turunnya surah dan sesuai dengan isi surah, dan Tujuan pendidikan didasarkan pada tujuan Nabi Saw dalam mendidik para sahabat pada fase makkah mapun fase madinah.

Downloads

Published

2023-01-05

Issue

Section

Articles