IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI SMP QUR’AN DARUL FATTAH

Authors

  • Hasyim Asari Universitas Islam An Nur Lampung
  • Loso Poejud Sutarjo Universitas Islam An Nur Lampung
  • Nur Hidayah Universitas Islam An Nur Lampung
  • An An Andari Universitas Islam An Nur Lampung
  • Agus Sujarwo Universitas Islam An Nur Lampung

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Salah satunya menyebutkan bahwa rencana pendidikan diatur oleh jenjang pendidikan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk syarat-syarat informasi yang ketat. Oleh karena itu, ujian ini diarahkan pada Sekolah Darul Fatah Quran Center yang memiliki program sekolah pengalaman hidup. Eksplorasi ini merupakan penelitian investigasi yang bersifat subyektif. Bermacam-macam informasi dibantu melalui eksplorasi, persepsi, dan pertemuan dari atas ke bawah. Untuk mengkaji informasi, penelitian ini menggunakan pemeriksaan informasi induktif yang memberdayakan pengungkapan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum SMP Quran Darul Fattah (SMPQ-DF) diimplementasikan mengacu kepada konsep belajar sistem blok (learning based on block system) yang secara inovatif dimodifikasi sesuai dengan capaian visi misi lembaga yang tercermin pada indikator target lulusan yang terdiri dari 4 kelompok mata pelajaran, yaitu:Kelompok   Dienul   Islam:   Tahsin,   Tahfidz,   Tajwid,   Fiqih,   Siroh Nabawiyah, Hadist, Akidah Akhlaq, dan Tadabur Al Quran. Kelompok Bahasa: Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Kelompok  Sains  Teknologi:  Matematika,  Fisika,  Biologi,  Kimia,  dan Komputer (TIK). Kelompok  Ilmu  Sosial:  Ilmu  Pengetahuan  Sosial;  Geografi,  Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, dan Kewarganegaraan.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Hasyim Asari, Loso Poejud Sutarjo, Nur Hidayah, An An Andari, & Agus Sujarwo. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI SMP QUR’AN DARUL FATTAH. UNISAN JURNAL, 2(1), 1–12. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/717

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.