IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI SMP QUR’AN DARUL FATTAH
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Salah satunya menyebutkan bahwa rencana pendidikan diatur oleh jenjang pendidikan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk syarat-syarat informasi yang ketat. Oleh karena itu, ujian ini diarahkan pada Sekolah Darul Fatah Quran Center yang memiliki program sekolah pengalaman hidup. Eksplorasi ini merupakan penelitian investigasi yang bersifat subyektif. Bermacam-macam informasi dibantu melalui eksplorasi, persepsi, dan pertemuan dari atas ke bawah. Untuk mengkaji informasi, penelitian ini menggunakan pemeriksaan informasi induktif yang memberdayakan pengungkapan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum SMP Quran Darul Fattah (SMPQ-DF) diimplementasikan mengacu kepada konsep belajar sistem blok (learning based on block system) yang secara inovatif dimodifikasi sesuai dengan capaian visi misi lembaga yang tercermin pada indikator target lulusan yang terdiri dari 4 kelompok mata pelajaran, yaitu:Kelompok Dienul Islam: Tahsin, Tahfidz, Tajwid, Fiqih, Siroh Nabawiyah, Hadist, Akidah Akhlaq, dan Tadabur Al Quran. Kelompok Bahasa: Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Kelompok Sains Teknologi: Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan Komputer (TIK). Kelompok Ilmu Sosial: Ilmu Pengetahuan Sosial; Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, dan Kewarganegaraan.