KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MA IBNU ABBAS AS SALAFY SRAGEN
Keywords:
Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran seorang kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di madrasah. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MA Ibnu Abbas As Salafy Sragen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis serta mendeskripsikan secara mendalam bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MA Ibnu Abbas As Salafy Sragen.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data terdiri atas sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan triangulasi teknik/metode.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah MA dinilai sudah baik karena telah menjalankan kepemimpinan sesuai dengan kebutuhan organisasi madrasah terutama dalam meningkatkan kinerja guru. Hal yang menarik dari kepemimpinan kepala madrasah di MA adalah pola kepemimpinan piramida terbalik, yaitu pemimpin yang menempatkan dirinya sebagai pelayan. Hal ini memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di MA Ibnu Abbas As Salafy Sragen.
Penelitian ini merekomendasikan antara lain; untuk meningkatkan kinerja guru di bidang pemanfaatan media dan penerapan variasi metode pembelajaran, kepala MA agar mengevaluasi kinerja guru dan memupuk pemahaman serta keinginan untuk terus belajar dan membuka diri terhadap perubahan-perubahan juga inovasi pembelajaran yang kian berkembang.