KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MA IBNU ABBAS AS SALAFY SRAGEN

Authors

  • Kholid bin Syamhudi IAI An Nur Lampung
  • Ahmad Rifa'i Abun IAI An Nur Lampung
  • Ali Mashar IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran seorang kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di madrasah. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah  bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MA Ibnu Abbas As Salafy Sragen.  Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui, menganalisis serta mendeskripsikan secara mendalam bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MA Ibnu Abbas As Salafy Sragen.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data terdiri atas sumber  data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan  tringulasi sumber dan triangulasi teknik/metode.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah MA dinilai sudah baik karena telah menjalankan kepemimpinan sesuai dengan kebutuhan organisasi madrasah terutama dalam meningkatkan kinerja guru. Hal yang menarik dari kepemimpinan kepala madrasah di MA adalah pola kepemimpinan piramida terbalik, yaitu pemimpin yang menempatkan dirinya sebagai pelayan. Hal ini memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di MA Ibnu Abbas As Salafy Sragen.

Penelitian ini merekomendasikan antara lain; untuk meningkatkan kinerja guru di bidang pemanfaatan media dan penerapan variasi metode pembelajaran, kepala MA agar mengevaluasi kinerja guru dan memupuk pemahaman serta keinginan untuk terus belajar dan membuka diri terhadap perubahan-perubahan juga inovasi pembelajaran yang kian berkembang.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Kholid bin Syamhudi, Ahmad Rifa’i Abun, & Ali Mashar. (2023). KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MA IBNU ABBAS AS SALAFY SRAGEN. UNISAN JURNAL, 2(1), 181–191. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/486

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.