PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVELEARNING) DALAM PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Ismun Ali IAI An Nur Lampung

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan suatu metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara bekerja sama antar siswa, sehingga nantinya siswa tidak hanya mencapai keberhasilan secara individu atau saling mengalahkan antar siswa. Tapi mereka juga bisa membantu teman belajarnya yang di bawah standar minimal. Dengan demikian jiwa sosial tumbuh dalam diri siswa. Uraian di bawah ini menawarkan untuk merekonstruksi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah yang semula menggunakan metode ceramah menjadi metode pembelajaran kooperatif. Dengan tujuan agar siswa tidak merasa bosan dalam belajar PAI. Namun selain memiliki kelebihan, pembelajaran kooperatif juga tidak terlepas dari kelemahan. Namun, kelemahannya jauh lebih mudah dikelola atau diminimalkan.

References

Aly, Djamaluddin dan Abdulllah. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia. 1999.

B Santos, Cooperative Learning: Penerapan Tekhnik Jigsaw Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SLTP. Buletin Pelangi Pendidikan. Vol. 1. No. 1. 1999.

Lie, Anita. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana. 2002.

Majid, Abdul, S. Ag. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Rosda Karya. 2005.

Nurhadi, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang. 2003.

Sardiman A. M, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2007.

Silberman, Malvin L, Active Learning Page: 101. Strategi to Teach Any Subject. Terjemahan oleh Sardjuli.dkk. Massachusetts: United States of America. 1996.

Soebahar, Abd. Halim, Drs. H. MA. Wawasan Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 2002.

Sutrisno, Revolusi Pendidikan di Indonesia: Membedah Metode dan Tehnik Pendidikan Berbasis Kompetensi. Yogjakarta: Ar-Ruzz. 2005.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2002.

Downloads

Published

2021-06-30