KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Authors

  • Yuli Habibatul Imamah IAI An Nur Lampung
  • Etika Pujianti IAI An Nur Lampung
  • Dede Apriansyah IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kontribusi, Guru, Karakter

Abstract

Guru pendidikan agama Islam memegang peranan penting dalam membentuk karakter siswa  sekolah. Karena guru agama Islam adalah guru yang dapat mendidik kepribadian siswanya sesuai  syariat Islam. Peran guru agama Islam adalah membentuk perilaku siswa yang sebelumnya kurang mampu menjadi lebih baik  dan yang sebelumnya  menjadi lebih baik. Oleh karena itu, guru agama Islam selain memberikan ilmu agama juga membantu membentuk karakter siswa  sesuai  syariat Islam dan budaya negara Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan buku dan literatur lain sebagai topik utama. Hasil penelitian mengemukakan bahwa guru  agama Islam merupakan salah satu pelopor dalam keberhasilan dan pembentukan kepribadian siswa, karena mereka berperan penting sebagai sponsor atau peniru dalam penerapan pembentukan kepribadian di sekolah. Kontribusi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa yaitu pemberdayaan, keteladanan, intervensi, terintegrasi, sekrening.

References

Arikuntoro, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rieneka Cipta, 2006.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas, Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran PAI, Jakarta; 2006.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implemtasi, Cet II; Bandung; Alfabeta, 2012.

Hidayat, Rahmat. Konsep Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Masyarakat Islam (Studi Pemikiran Burhanuddin Al Zarnuji), Alfuad Journal, Volume 3 No 2 , December 2019.

Kesuma. Dharma. Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah), Bandung: Rosda Karya, 2011.

Shaleh, Abd. Rachman. Pemikir Pendidikan Islam: Biografi Sosial Intelektual, Cet. I; Jakarta: PT. Pena Citasatria, 2007.

Tohiri, Psikologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada Utama, 2005.

Downloads

Published

2021-12-19