PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MEDIA SOSIAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP AKHLAK REMAJA

Authors

  • Endang Ekowati IAI An Nur Lampung
  • Nyayu Khodijah UIN Raden Fatah Palembang
  • Abdurrahmansyah UIN Raden Fatah Palembang

Keywords:

morals, parental attention, social media, religiosity

Abstract

This study aims to determine the effect of parental attention, social media and religiosity on adolescent morals at Madrasah Aliyah Negeri 1 Kalianda South Lampung. This research is a quantitative research. The population in this study amounted to 450 students, with proportional random sampling technique, the sample used was 82 students. The data collection method used is a questionnaire. The method of data analysis was carried out by descriptive analysis and path analysis. This study shows that first, the effect of parental attention on adolescent morals is 13% in the low category. Second, the influence of social media on adolescent morals is 32% in the medium category. Third, the influence of religiosity on adolescent morals is 53% with a strong category. And fourth, the correlation of the influence of parental attention, social media and religiosity on adolescent morals simultaneously is 57%. Thus, parental attention, social media and religiosity have a positive effect on improving adolescent morals.

References

Aditiawan, A. R. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Akhlak Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Sidrap. IAIN Parepare.

Ana Rizki, S. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Akhlak Siswa Mi Nurul Hidayah Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/ 2015 (pp. 1–84). UIN Walisongo.

Annur, A., Kurnianto, R., & Rohmadi, R. (2018). Penerapan Karakter Religius pada Peserta Didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 2(2), 1–11.

Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, kontrol diri dan kenakalan remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02).

Fatimah, F. (2021). Implementasi Budaya Religius dalam Membina Akhlak Siswa di MI Rahmatullah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1).

Firmansyah, A. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Peningkatan Akhlak Anak. Alim| Journal of Islamic Education, 2(1), 139–150.

Hsb, R. H. (2017). Pengaruh perhatian orangtua terhadap akhlak anak di lingkungan III Banjar Raja Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. IAIN Padangsidimpuan.

Humyana, Y. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Akhlak Siswa di Sekolah SMPN 2 Waringinkurung. UIN SMH BANTEN.

Jannah, M. (2017). Pengaruh Religiusitas Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri Tempel (MAN 5) Sleman Yogyakarta.

Kasetyaningsih, S. W., & Hartono, H. (2017). Dampak Sosial Media Terhadap Akhlaq Remaja. DutaCom, 13(1), 1–10.

Khoerunnisa, P. (2019). Intensitas penggunaan media sosial pengaruhnya terhadap akhlak peserta didik di sekolah: penelitian di Kelas X SMA 3 PGRI Kota Bandung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Munthoha, P. Z., & Wekke, I. S. (2017). Pendidikan Akhlak Remaja bagi Keluarga Kelas Menengah Perkotaan. Cendekia: Journal of Education and Society, 15(2), 241. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.1153

Nasikhah, D. (2013). Hubungan antara tingkat religiusitas dengan perilaku kenakalan remaja pada masa remaja awal. Universitas Airlangga.

Nurkarima, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlakul Karimah dan Akhlakul Madzmumah Siswa Di SMAN 1 Kauman Tahun Ajaran 2017/2018.

Palupi, A. O. (2013). Pengaruh religiusitas terhadap kenakalan remaja. Educational Psychology Journal, 2(1).

Polri. (2007). Analisa dan Evaluasi Situasi Kamtibmas Tahun 2007; 2008 Dan 2009.

Robana, R., Hikmawati, F., & Ningsih, E. (2012). HUBUNGAN ANTARA RELIGIOUSITAS DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI MAN SURADE KABUPATEN SUKABUMI. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 655–666.

Sagala, A. A. (2018). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KENAKALAN REMAJA PADA PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG.

Siregar, R. K. (2018). Perhatian orangtua terhadap pembinaan akhlak remaja di Kelurahan Aek Tampang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.

Statistik, B. P. (2015). Profil Kenakalan Remaja; Study di Lembaga Permasyarakatan Anak Blitar, Tangerang, Palembang dan Kutoarjo.

Suharman, S. (2020). Pengaruh Relegiusitas Terhadap Akhlak Remaja. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(2), 171–182.

Sumara, D. S., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan remaja dan penanganannya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Tahaha, H., & Rustan, E. (2017). Orientasi Religiusitas dan Efikasi Diri dalam Hubungannya dengan Kebermaknaan Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa IAIN Palopo. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 13(2), 163. https://doi.org/10.23971/jsam.v13i2.551

Ummah, N. K., & Khuriyah, K. (2021). Hubungan antara Religiusitas dan Pendidikan Karakter di Rumah terhadap Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 117–127.

Utami, M. P. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTs TARBIYAH ISLAMIYAH KERKAP. IAIN BENGKULU.

Yusuf, S. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Raja Grafindo Persada.

Zubaedi. (2009). Memperkuat Dimensi Pendidikan Moral: Kata Pengantar (M. Lubis (ed.)). Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-12-15