TEKA TEKI BERGAMBAR SEBAGAI UPAYA MENSTIMULASI PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA DINI

Authors

  • Sugiarto IAI An Nur Lampung

Keywords:

Teka Teki, Bergambar, Kosakata AUD

Abstract

Berbahasa anak usia dini merupakan suatu kegiatan yang meliputi kemampuan mengungkapkan sesuatu, mendengar, memahami bahasa dan juga dapat dengan membaca gambar. Menstimulasi perkembangan bahasa anak dapat dilakukan dengan bermanin. Bermain merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi anak usia dini salah satunya mengembangkan kemampuan kosakata anak. Salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan kosakata anak salah satunya adalah bermain teka-teki, karena sesuai kebutuhan anak usia dini yaitu bermain sehingganya pembelajaran yang disampaikan harus menyenangkan dan dalam konsep bermain. Teka-teki merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan menulis. Bermain teka-teki dapat mengasah tebakan, pikiran dan terkaan anak dalam mengenal huruf dan mengembangkan kosakata.

References

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Suatu Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Azwar, S. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danim, S. (2008). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Fahyuni, E. F., & Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Falahudin, I. (2014). Pemanfatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. Vol. 1(4). (diakses 18 Juli 2019 pukul 19.00 WIB)

Guntur, H., & Tarigan. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hana, A. C. & Wahyuno, E. (2016). Permainan Teka-Teki Silang Bergambar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ortopedagogia. Vol. 2(1). (diakses 22 Juli 2019 pukul 23.09 WIB)

Haryono. (2013). Pembelajaran IPA Yang Menarik dan Mengasyikkan. Purworejo: Kepel Press.

Hasanah, A. (2010). Pembelajaran Berbasis Permainan TTS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MAN Godean Sleman Yogyakarta. In Skripsi (p. 26). Yogyakarta.

Hermanto. (2011). Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu dalam Pembelajaran Membaca Melalui Penerapan Metode Maternal. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2), 121.

Holis, A. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 09(01). (diakses 22 Juli 2019 pukul 23.14 WIB)

Ika, Y. P., & Nurhenti, D. S. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Dlanggu Mojokerto. Jurnal PAUD Teratai. Vol. 06(03). (diakses 22 Juli 2019 pukul 23.15 WIB)

Keraf, G. (2008). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Khailullah. (2013). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kustandi, C., & Sucipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia. Lexy J, M. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 37(1). (diakses 19 Juli 2019 pukul 20.03 WIB)

Meimulyani, Y., & Caryoto. (2013). Media Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima.

Downloads

Published

2021-12-07