PENGARUH AKTIVITAS SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PIAUD Hidayatul Mubtadiin Jati Agung

Authors

  • Nila Wati Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Metode Ie Breaking, Tic Tac Toe, Motivasi Belajar

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu
upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai
dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian
rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan
dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut.Pendidikan
merupakan bagian penting dari kehidupan yang sekaligus
membedakan manusia dengan makhluk lain.Untuk memperoleh
data yang akan diperlukan dalam penelitian ini, makapeneliti
menggunakan beberapa alat pengumpulan data, yaitu dengan
angket,observasi dan dokumentasi. Setelah didapat harga koefisien
validitas maka harga tersebut diinterprestasikan terhadap kriteria
dengan menggunakan tolak ukur mencari angka korelasi “r” product
moment (rxy). Dengan derajat kebebasan sebesar (N−2) pada taraf
signifikasi 5%. Dengan ketentuan bahwa rxy sama atau lebih
besar dari pada rtabel atau rt maka hipotesis diterima. Sebaliknya
jika rxy lebih kecil dari pada rtabel atau rt maka hipotesis
ditolak.H a s i l signifikansi atau pengaruh variabel independen
terhadap variabel dependen bahwa, Nilai t hitung untuk metode
sains adalah 0,831 dengan tingkat signifikansi 0,004 maka
variabel aktivitas sains berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap perkembangan kognitif dengan nilai t hitung (3.391) > t
tabel (2,145) dan nilai signifikan (0,004) < 0,05. Nilai signifikan
variable aktivitas sains (X) lebih kecil dari 0,05 yang artinya
berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kogitif (Y).
B e r d a s a r k a n analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan
maka dapatdisimpulkan bahwa dengan menggunakan aktivitas
sains terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan
kognitif di RA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung

Downloads

Published

2023-08-05