PENGARUH AKTIVITAS SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RAUDHOTUL ATHFAL HIDAYATUL MUBTADIIN SIDOHARJO JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Rima novita Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Metode Ie Breaking, Tic Tac Toe, Motivasi Belajar

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bentuk kebutuhan
manusia. Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia.
Karena pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk
baik buruknya seseorang ke dalam dimensi normatif. Pelatihan
merupakan salah satu aspek peningkatan potensi sumber daya
manusia (SDM) yang berkualitas. Staf yang berkualitas memiliki ideide kreatif dan dapat menemukan solusi terbaik untuk masalah yang
ada. Metode pembelajaran yang dipadukan dengan permainan
menyegarkan siswa dan dapat menyegarkan kembali semangat
belajar mereka. Sebagai pemecah es. Ice-breaking menciptakan
suasana belajar dari pasif menjadi aktif, dari kaku menjadi mudah,
dan dari membosankan menjadi sejuk. Breaking the ice bukanlah
tujuan utama dari pembelajaran, tetapi breaking the ice adalah
pendukung terpenting untuk menciptakan suasana belajar yang baru.
Hasil pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar menunjukkan
bahwa nilai akhir ujian kelas eksperimen lebih besar dari nilai akhir
ujian kelas kontrol yaitu. 89,95 > 77,04 maka HO diterima yang
berarti signifikan. pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar siswa
RA Hidayatul Mubtadiin dan 3) pengaruh ice breaking terhadap
motivasi dan hasil belajar yaitu hasil angket motivasi dan uji Manova
setelah uji sig<0,05 yaitu 0,000< 0,05 maka H0 ditolak, artinya ice
breaking berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa RA
Hidayatul Mubtadiin. Dari sini dapat disimpulkan bahwa penggunaan
ice breaking dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa RA Hidayatul Mubtadiin.

Downloads

Published

2023-08-05