Karakteristik Model Quantum Learning Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Siti Nurkholisoh Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Karakteristik, Quantum Learning, PAUD

Abstract

Penelitian ini menggali karakteristik pembelajaran
Quantum Learning di lembaga pendidikan anak usia dini berciri
khas agama Islam. Unsur pokok Quantum adalah berorientasi
pada perumbuhan dan perkembangan peserta didik yang aktif
dan partisipatif. Peran guru anak usia dini lebih sebagai mentor
atau fasilitator, dan bukan presenter ilmu pengetahuan
semesta, karena dalam qurantum, ilmu tidak dapat
ditransfer dari guru kepada anak tanpa keaktifan anak itu sendiri.
Karenanya, guru perlu mengetahui terlebih dahulu cara berfikir
anak, mengembangkan dan menghargai pengalaman dan pola
piker anak, dengan menggunakan metode belajar yang bervariasi
yang memungkinkan anak aktif mengkonstruksi
pengetahuan. Secara deskripitif kualitatif, penelitian ini
dilakukan dengan mengambil lokasi penelitian di RA Bait
Qur’any at-Tafkir Bandar Lampung. Disimpulknan bahwa
karakter utamnya bertumpu pada pembentukan kepribadian
Islam. Dua pola yang digunakan, yaitu aqliyah dan nafsiyah.
Pendekatan Aqliyah adalah proses mengkaitkan fakta dengan
maklumat tsabiqoh. Pendekatan Nafsiyah adalah guru berperan
sebagai ibu yaitu memberikan cinta kasih sayang pengorbanan
menyampaikan harapan dan jiwa guru dengan murid
menyatu

Downloads

Published

2023-08-05