Implementasi Program Parenting Di Kelompok Bermain Cerdas Ceria

Authors

  • Siska Garnesa Utami Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Implementasi, Parenting, Kelompok Bermain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
1) implementasi program parenting 2) manfaat program
parenting 3) faktor pendukung dan faktor penghambat
program parenting. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif berlokasi di TK Ceria Kabupaten
Lampung Timur. Subjek dari penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru dan wali murid. Pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan
data yang dilakukan untuk menjelaskan data menggunakan
perpanjangan penelitian, triangulasi, membercheck dan
kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)
program parenting dilaksanakan sebanyak tiga bulan sekali
dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Setiap temanya berbeda yang pertama tentang sosialisasi
program sekolah, yang kedua tentang menjaga kesehatan gizi
anak dan yang ketiga tentang pola asuh di era digital. 2)
program parenting ini memberikan beberapa manfaat kepada
responden. 3) faktor pendukung antara lain antusias peserta,
kesolidan panitia, sarana dan prasarana cukup memadai dan
waktu pelaksaan tidak terlalu lama. Faktor penghambat antara
lain minimnya peserta dan kurangnya sosialisasi sekolah.

Downloads

Published

2023-08-05