Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Iqra’ Di Tk Hidayah Lampung Selatan

Authors

  • Fitriani Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Kemampuan Membaca Al-Quran, Metode Iqra

Abstract

Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku atau
penampilan dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca,
mengamati, mendengarkan, meniru dan lain sebagainy. Belajar
adalah sesuatu yang dihasilkan dari pengalaman dengan lingkungan,
yang di dalamnya terjadi hubungan antara stimulus dan respon.
Tujuan utama penelitian kualitatif ini adalah untuk memahami
fenomena atau gejala sosial degan cara memberikan pemaparan
yang jelas tentang fenomena atau gejala sosial tersebut dalam bentuk
rangkaian kata yang pada akhirnya akan menghasilkan sebuah teori.
Hasil dari belajar tersebut adalah berupa penambahan pengetahuan,
keterampilan dan perubahan sikap. Berdasarkan hasil penilitian dan
pembahasan dapat disimpulkan bahawa upaya untuk meningkatkan
kemampuan membaca al-qur’an melalui metode Iqra’ di TK Hidayah
sudah dilakukan secara maksimal dan dapat berjalan dengan baik,
antara lain (1) Pemakaian metode private, dalam belajar membaca alqur’an , masing-masing ustadz mengajar para murid secara
bergantian satu persatu.(2) Guru memberikan pembelajaran untuk
mendorong siswa untuk aktif, setiap proses pembelajaran pasti
menampakkan keaktifan orang yang belajar atau siswa. (3) Guru
memberikan penghargaan atau pujian bagi santri yang bisa membaca
dengan baik dan benar.

Downloads

Published

2023-08-05