Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Untuk Mengembangkan Potensi Bahasa Dan Sosioemosional Anak Di PIAUD Harapan Bunda Lampung Selatan

Authors

  • Ilas Sari Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Permainan Tradisional, Potensi Bahasa, dan sosioemosional

Abstract

Permainan tradisional sudah sangat jarang dimainkan,
padahal dalam permainan tradisional terkandung nilai-nilai edukasi
dan sosial karena permainan tradisional banyak melibatkan aktivitas
fisik, pengaturan strategi, kerjasama tim, dan kemampuan berbahasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil
belajar melalui permainan tradisional dalam meningkatkan
kemampuan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas serta menggunakan teknik analisis data
kualitatif dan kuantitatif. Beberapa jenis permainan tradisional yang
dapat diterapkan pada anak usia dini yaitu bermain dan bernyanyi,
bermain dan pola pikir, serta bermain dan adu ketangkasan. Dari
hasil penelitian ditemukan permainan tradisional dapat meningkatkan
kemampuan berbahasa anak seperti kemampuan mendengarkan,
meniru kembali 3-4 urautan kata, mengerti perintah yang diberikan
bersamaan, memahami permainan yang akan dimainkan, mengenal
perbedaan kata mengenai kata sifat, menirukan kalimat yang
disampaikan secara sederhana, menjawab pertanyaan, mengutarakan
pendapat kepada orang lain, menceritakan kembali permainan yang
telah dimainkan secara sederhana, mengenal suara-suara yang ada
disekitarnya.

Downloads

Published

2023-08-05