MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE

Authors

  • Komalasari Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Model Pembelajaran, Word Square, Prestasi Belajar

Abstract

Pembelajaran tipe Word Square ini merupakan
pengembangan dari metode ceramah yang diperkaya. Tipe ini juga
merupakan kegiatan belajar mengajar dengan cara guru membagikan
lembaran kegiatan atau lembaran kerja sebagai alat untuk mengukur
tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah
diajarkan. Instrumen utama pada tipe ini adalah lembaran kegiatan
berupa pertanyaan atau kalimat yang perlu dicari jawabannya pada
susunan huruf acak pada kolom yang telah disediakan. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil prestasi siswa melalu model
pembelajaran kooperatif tipe word square. Metode penelitian
menggunakan penelitian kualitatif deskriftip. Penelitian dilaksanakan
di TK daru Ulum Sidomulyo. Metode pengumpulan data menggunakan
tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1)
Penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Word Square memiliki
dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang
ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap
siklus, yaitu rerata siklus I (60,36), Siklus II (73,75), dan Siklus III
(78,21); 2) Pembelajaran Kooperatif tipe Word Square ini memiliki
dampak positif terhadap kerja sama antar siswa, hal ini ditunjukkan
adanya tanggung jawab dalam kelompok dimana siswa yang lebih
mampu mengajari temannya yang kurang mampu dan dapat
meningkatkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran dengan
demikian siswa tertarik untuk belajar dan tidak menimbulkan
kejenuhan; 3) Kemampuan guru meningkatkan dalam mengelola
proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
Kooperatif tipe Word Square.

Downloads

Published

2023-08-05