Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Media Buku Cerita Bergambar Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Rahmawati Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Kemampuan Berbahasa, Metode Bercerita, Media Buku Cerita Bergambar

Abstract

Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan anak
yang sangat penting dan harus dikembangkan untuk bekal anak
memahami suatu informasi yang dilihat,ditulis, dibaca dan didengar
serta kemampuan berkomunikasi dengan orang lain dalam
kehidupannya sehari-hari berjalan dengan baik. Kemampuan
berkomunikasi dengan baik, benar dan efektif adalah tuntutan.
Dalam penelitian ini, tempat penelitian dilaksanakan Di RA Darul
Islah pugung Kabupaten Tanggamus. Waktu penelitian ini
dilaksanakan pada bulan 01 Agustus sampai dengan selesai 2022.
Penentuan waktu penelitian mengacu pada kalender akademik
sekolah, karena PTK memerlukan beberapa siklus yang
membutuhkan proses belajar mengajar yang efektif di kelas.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri
dari 2 kali pertemuan untuk melihat perkembangan bahasa
peserta didik dengan menggunakan metode bercerita melalui media
buku cerita bergambar. Melihat data hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa melalui metode bercerita bergambar dapat
meningkatkan kemampuan berbahasa siswa dan menambah wawasan
bagi guru untuk memanfaatkan media semaksimal mungkin.

Downloads

Published

2023-08-05