Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membacaal Al-Qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Zuriya Vika Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Metode Sorogan Kemampuan Membaca Al-Quran, Makhorijul Huruf

Abstract

Berkaitan dengan pendidikan yang ada di Indonesia
tidak hanya di sekolah umum, ataupun di madrasah, melainkan
ada juga di TPA. Metode Sorogan yang merupakan kegiatan
pembelajaran bagi santri yang lebih menitik beratkan pada
pengembangan kemampuan perseorangan (Individu), di bawah
bimbingan seorang guru. Metode Sorogan yang menjadi ciri khas
pendidikan mengaji di TPA telah mengalami perkembangan yang
luar biasa dan sungguh suatu sistem tersebut tidak pernah
ditinggalkan sama sekali oleh praktisi pendidikan di masa
modern sekalipun. Sorogan adalah sebuah metode
pembelajaran dengan menitikberatkan pada kesiapan dan keahlian
siswa untuk mempelajari sesuatu yang kemudian dikonsultasikan
kepada guru/ustādz atau kyai.Dengan konteks pembelajaran
seperti ini, maka sorogan menjadi dasar yang paling asasi dari
metode pembelajaran modern seperti forum dan proyek. Berdasarkan
hasil penelitian yang Peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa
secara keseluruhan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an
melalui pengenalan makhorijul hurufdengan menggunakan metode
Sorogandi TPA Al Ikhlas Desa Banjar Agung Lampung Selatan,
kemampuan anak-anak untuk membaca makharijul huruf
menunjukkan peningkatan sudah baik.

Downloads

Published

2023-08-05