Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Di Ra Darul Ulum Jati Agung Lampung Selatan

Authors

  • Ririn Rofikoh Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Metode Qiroati, Kemampuan Membaca Al-Quran

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah hal yang penting
dalam proses pembelajaran, karena hal ini merupakan kemampuan
dasar yang harus dimiliki oleh setiap anak. Kemampuan membaca
Al-Qur’an hendaknya dimiliki anak sejak dini, karena kemampuan
ini merupakan bekal bagi kehidupan anak. Kegiatan pengajaran
membaca Al-Qur’an harus memperhatikan kaidah syar’i.
Kemampuan membaca Al-Qur’an didefinisikan sebagai kecakapan
membaca Al-Qur’an dengan bagus dan benar sesuai dengan tuntunan
syari’at sebagaimana yang dijelaskan oleh ilmu tajwid. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu metode yang
diarahkan pada latar dan individu secara holistik (utuh). Sehingga
dalam hal ini tidak boleh mengisolasikan individu atau organisasi ke
dalam variabel atau hipotesis, tetapi memandangnya sebagai bagian
dari suatu keutuhan. Untuk mendukung proses analisis tersebut, maka
data yang diperoleh harus lengkap dan menyeluruh dalam latar
lingkungan. Berdasarkan hasil penilitian dan pembahasan dapat
disimpulkan bahawa upaya untuk meningkatkan
kemampuanmembaca al-qur’an melalui metode Iqra’ di Ra Darul
Ulum Jati Agung Lampung Selatan sudah dilakukan secara maksimal
dan dapat berjalan dengan baik dengan metode Qiroati.

Downloads

Published

2023-08-05