Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Di Tk Islam Darul Ulum Tanjung Heran Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus

Authors

  • Nirwana Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Kemampuan Berbahasa, Metode Bercerita, Boneka Tangan

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya
pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan
usia enam tahun yang dilakukan melalui pembinaan rangsangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan
jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki
pendidikan yang lebih lanjut. Permasalahan yang ditemukan dalam
Perkembangan Bahasa Anak kelompok A di Tk Islam Darul Ulum
Tanjung Heran, disebabkan dari Lingkungan Keluarga (Orang tua)
yaitu dari sebagian anak yang kurang medapat perhatian dari orang
tua di lingkungan rumah, kurangnya anak diberi kesempatan untuk
mengungkapkan alasan atau ketidak setujuan yang mereka inginkan,
kurangnya anak mendengarkan cerita atau dongeng yang mereka
dengar, dari sebab kemungkinan yang terjadi seperti ini maka
disekolahan melakukan suatu tindakan untuk menolong anak untuk
dapat mengembangkan bahasa mereka dengan baik dan benar. Pada
pra siklus kemampuan berbahasa anak kelompok A sebesar 30%, dan
saat dilaksanakan siklus I kemampuan berbahasa anak dapat naik
menjadi 60% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 76%. Maka
dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berbahasa anak
dengan menggunakan metode bercerita dengan media boneka tangan
meningkat sebesar 40%

Downloads

Published

2023-08-05