Implementasi Metode Bercerita Dan Harga Diri Dalam Untuk Mengembangkan Bahasa Anak di Tk Islam Darul Ulum Tanjung Heran Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Zulia Sari Pratika Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Metode Bercerita, Harga Diri, dan Bahasa Anak

Abstract

Menerapkan suatu metode tanpa menggunakan sebuah
media tentu akan membuat anak akan jenuh dan tidak bergairah
untuk belajar apalagi anak usia dini yang pembelajarannya
belajar sambil bermain, untuk itu media sangat penting dan
dianjurkan dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini media yang
digunakan adalah media visual yaitu media yang hanya dapat
dilihat oleh peserta didik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui “Apakah penerapan metode bercerita melalui
media dapat mengembangkan bahasa anak di TK Islam Darul Ulum
Tanjung Heran Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus”. Penulis
menggunakan metode kualitatif. Alat pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil
penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui beberapa
siklus , mulai dari siklus I dan siklus II dan berdasarkan seluruh
pembahasan serta analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
Penerapan metode bercerita melalui media cerita bergambar,
boneka, kreasi bentuk binatang yang dibuat dari mika kue, serta
papan planel dapat mengembangkan bahasa anak di Taman
Kanak-kanak Islam Darul Ulum Tanjung Heran Kecamatan
Pugung Kabupaten Tanggamus

Downloads

Published

2023-08-05