Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran Di Ra Al Fatah Desa Daya Asri Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat

Authors

  • Marisa Putrianti Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Kemandirian Anak, Metode Bermain Peran

Abstract

Kemandirian anak sangat diperlukan dalam rangka
membekali mereka, kemandirian adalah sikap dan perilaku seseorang
yang mencerminkan jalan kehidupan yang akan datang. Dengan
kemandirian ini seorang anak akan mampu untuk menentukan pilihan
yang ia anggap benar. Untuk menjadi pribadi mandiri seorang anak
juga perlu mendapatkan kesempatan berlatih secara konsisten
mengerjakan sesuatu sendiri atau membiasakannya melakukan
sendiri tugas-tugas yang sesuai tugas-tugas tahapan usianya. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Subjek penelitian disini adalah guru. Alat pengumpul data
menggunakan Interview, Dokumentasi, Observasi, dan Analisa data.
Hasil penelitian maka dapat disimpulkan kemandirian anak di RA Al
Fatah Desa Daya Asri dilakukan melalui 1. Pendekatan dengan
keteladanan, karena guru adalah contoh terbaik dalam pandangan
anak yang akan ditirunya dalam perbuatannya, 2. Pendekatan dengan
pembiasaan, guru mengajak anak agar terbiasa melakukan kegiatan
seperti, anak melakukan cuci tanggan. 3. Pembentukan dengan
pembiasaan guru selalu menasehati anak agar melakukan kegiatanya
sendiri tampa bantuan guru, dan 4. Pendekatan dengan bermain
peran, guru telah mensetting tempat bermain seperti pasar, dalam
kegiatan sehari-hari.

Downloads

Published

2023-08-05