Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Ishlah Sukadamai Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan

Authors

  • Prapti Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Metode Bercerita, Mengembangkan Bahasa Anak

Abstract

Metode bercerita melalui media merupakan pemberian
pengalaman belajar kepada anak usia dini dengan membawakan
cerita secara lisan menggunakan alat peraga untuk menarik
perhatian dan menyentuh perasaan anak. Bahasa adalah alat
komunikasi antara individu untuk menyatakan pikiran, perasaan dan
keinginannya. Hal ini bertujuan agar anak dapat dengan mudah
berkomunikasi dan menyampaikan ide dan pendapat-pendapatya
kepada orang lain. Penerapan metode bercerita divariasi dengan
media akan lebih memotivasi anak dan mengkonkretkan konsepkonsep yang abstrak sehingga anak lebih memahami gambaran dari
isi cerita. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah
Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian tindakan kelas
dilakukan dalam 2 siklus, masing- masing siklus 2 kali pertemuan.
Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian
perkembangan bahasa anak dari 20 peserta didik menunjukkan
bahwa pada siklus I yang berkembang sesuai harapan (BSH) yaitu
50 %, mulai berkembang (MB) 30% dan yang belum berkembang
(BB) 20%. Pada siklus II yang berkembang sesuai harapan (BSH)
80%, mulai berkembang (MB) 15%, dan yang belum berkembang
(BB) hanya 5%. Ini menunjukkan bahwa Metode Bercerita melalui
media dapat mengembangkan bahasa Di RA Al-Ishlah .

Downloads

Published

2023-08-05