Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Empati Pada Anak Di Tk Al Azhar 6 Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan

Authors

  • Nana Meliana Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Metode Bermain Peran, Empati Anak

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana
mengembangkan empati kepada anak usia dini (5-6 tahun) melalui
penerapan metode bermain peran (role playing). Tujuan penelitian
untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan empati anak usia
dini melalui penerapan metode bermain peran (role playing). Saat ini
tingkat empati pada anak cukup rendah, penyebab merosotnya
kemampuan berempati sangatlah kompleks. Lingkungan tempat
anak-anak dibesarkan saat ini meracuni kecerdasan berempati
mereka. Sejumlah faktor sosial kritis yang membentuk karakter
berempati secara perlahan mulai runtuh seperti pengawasan orang tua
lemah, kurangnya teladan perilaku berempati, pendidikan spiritual
relatif sedikit, pola asuh yang jelek, dan sekolah yang kurang
memberikan stimulasi terhadap pertumbuhan empati. Setelah peneliti
memberikan sumbangsih pemikiran dan dilakukan upaya maksimal
dari kedua guru kelompok A TK Al Azhar 6 Jatimulyo dalam
pengembangan perilaku empati melalui metode bermain peran,
didapati perilaku empati anak yang berkembang optimal. Dari
beberapa indikator pengembangan perilaku empati melalui metode
bermain peran tersebut dalam kategori sangat baik dan layak untuk
terus digunakan dan dikembangkan.

Downloads

Published

2023-08-05