Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Merdeka Belajar

Authors

  • Siti Nur Lela Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Kualitas Pendidikan, Pembelajaran Kontekstual, Merdeka Belajar

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia masih perlu
ditingkatkan, salah satunya pada lembaga pendidikan anak
usia dini. Adanya problematika yang terjadi pada pendidikan
di Indonesia yaitu dalam pelaksanaan proses pembelajaran
yang hanya berorientasi pada guru yang menyebabkan anak
kurang mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan
anak menjadi kurang kreatif. Kemudian guru yang
menyampaikan pembelajaran hanya dengan teori tanpa
adanya media pembelajaran sehingga anak kurang memahami
makna dari apa yang disampaikan. Penulis menggunakan
metode penelitian studi literatur, dan mengambil data dari
buku, artikel, internet, dan sumber informasi lain yang
relevan. Hasil dari kajian literatur mengenai peningkatan
kualitas pendidikan anak usia dini melalui pembelajaran
kontekstual dengan pendekatan merdeka belajar yaitu
diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan
kualitas pendidikan di Indonesia. Inti dari pembelajaran
kontekstual dengan pendekatan merdeka belajar yaitu
pembelajaran yang menghubungkan antara teori dengan
kehidupan nyata sehingga memberikan pembelajaran lebih
konkrit dan bermakna, dan juga memberikan kebebasan
kepada anak untuk mencari dan memecahkan suatu
permasalahan dalam proses pembelajaran baik secara
kelompok maupun individu sehingga dapat meningkatkan
kemandirian dan kreativitas anak

Downloads

Published

2023-08-05