Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Untuk Mengembangkan Potensi Bahasa Anak Melalui Pendekatan Sentra di TK Harapan Jaya

Authors

  • Susilowati Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Permainan Tradisional, Potensi Bahasa, dan Pendekatan Sentra

Abstract

Permainan tradisional merupakan simbolisasi dari
pengetahuan yang turun- temurun dan mempunyai bermacam-macam
fungsi atau pesan. Permainan tradisional merupakan hasil budaya
yang besar nilainya bagi anak-anak dalam rangka berfantasi,
berekreasi, berkreasi, berolah raga yang sekaligus sebagai sarana
berlatih hidup bermasyarakat, keterampilan, kesopanan serta
ketangkasan terkhusus anak usia dini. Penelitian ini memfokuskan
dengan menggunakan sentra persiapan dan sentra bermain peran.
Karena sentra persiapan ini fokus pada kegiatan-kegiatan seperti
menulis dan berhitung. Dalam permaianan tradisional congklak anak
akan berlatih menghitung biji congklak. Dan sentra persiapan juga
memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan
keaksaraannya. Permainan tradisional pesan berantai dapat melatih
keaksaraan anak usia dini dalam menyampaikan kalimat-kalimat
yang telah diberikan oleh pemain pertama. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan di TK Harapan Jaya Jati Agung Lampung
Selatan sebagaimana yang dipaparkan pada pembahasan sebelumnya,
dapat peneliti simpulkan bahwa penerapan permainan tradsional
dapat diterapkan melalui pendekatan sentra. Karena dengan
pendekatan sentra Melalui pendekatan sentra anak dirangsang untuk
secara aktif melakukan kegiatan bermain sambil belajar di sentrasentra pembelajaran (sentra persiapan, imtaq, seni, dan sentra bahan
alam). Seluruh kegiatan pembelajaran berfokus pada anak sebagai
subjek pembelajaran

Downloads

Published

2023-08-04