Penerapan Metode Iqro Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini Di Ra Hidayatul Mubtadiin Desa Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan

Authors

  • Tri Handayani Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Metode Iqro’, Membaca Huruf Hijaiyah

Abstract

Metode iqro’ adalah suatu metode membaca Al-quran
yang menekankan langsung pada latihan membaca, cara ini lebih
efektifdalam mengantarkan anak untuk bisa cepat membaca Al-quran
dengan baik dan dalam kurun waktu yang lumayan singkat
dibandingkan dengan cara-cara terdahulu. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana metode iqro’ untuk
mengembangkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 5-6
tahun di RA Hidayatul Mubtadiin sidoharjo jati agung lampung
selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif
melibatkan 1 orang guru. Data yang dikumpulkan melalui observasi,
wawancara, dan adokumentasi analisis. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan metode iqro’ dalam meningkatkan
membaca huruf hijaiyah terdapat beberapa langkah yang di lakukan
oleh guru yaitu diawali dengan membaca do’a sebelum kegiatan, hal
ini agar guru mudah dalam mengembangkan kemampuan membaca
huruf hijaiyah yang akan dilaksanakan. Yang kedua mengenalkan
huruf hijaiyah, hal ini dapat pula memudahkan guru dalam proses
mengembangkan kemampuan membaca huruf hijaiyah. Saran peneliti
untuk pendidik agar melatih diri untuk meningkatkan kemampuan
membaca al-qur’an sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dari
sekolah ataupun masyarakat (wali murid).

Downloads

Published

2023-08-04