Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini di TK Kasih Bunda Lampung Selatan

Authors

  • Sutriyanti Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Metode iqro’, Membaca Al-Quran

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah hal yang penting
dalam proses pembelajaran, karena hal ini merupakan kemampuan
dasar yang harus dimiliki oleh setiap anak. Kemampuan membaca
Al-Qur’an hendaknya dimiliki anak sejak dini, karena kemampuan
ini merupakan bekal bagi kehidupan anak. Kegiatan pengajaran
membaca Al-Qur’an harus memperhatikan kaidah syar’i.
Kemampuan membaca Al-Qur’an didefinisikan sebagai kecakapan
membaca Al-Qur’an dengan bagus dan benar sesuai dengan tuntunan
syari’at sebagaimana yang dijelaskan oleh ilmu tajwid. Pendekatan
penelitian ini merupakan rencana penelitian, pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian
kualitatif agar bisa memperoleh keterangan-keterangan yang luas dan
mendalam mengenai upaya yang dilakukan dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-qur’an melalui metode Iqra’ di TK Kasih
Bunda Lampung Selatan. Berdasarkan evaluasi / hasil uji bacaan
Iqra’ para santriwan / santriwati di TK Kasih Bunda Lampung
Selatan dapat dijelaskan bahwa kemmpuan santri dalam kelas
tersebut dapat dikatagorikan baik. Hal ini sesuai dengan yang
disampaikan oleh Syaiful Bahri Jamarah, jika sudah mencapai 76% -
99%, maka peserta didik/ siswa memiliki tingkat kemampuan yang
baik.

Downloads

Published

2023-08-04