Analisis Kompetensi Profesional Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun Pada TK Kartini Jati Agung Lampung Selatan

Authors

  • Martiningsih Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Kompetisi Profesional Guru, Pembelajaran Anak

Abstract

Kompetensi guru merupakan salah satu tolak ukur
keberhasilan pendidikan yang dilaksanakan. Oleh karena itu, tenaga
pendidik yang berkualitas akan mampu menghasilkan peserta didik
yang tumbuh sesuai dengan tahap perkembangannya. Penelitian ini
bertujuan untuk menggali sejauh mana kompetensi yang dimiliki oleh
guru TK Kartini Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk menggali
kompetensi yang dimiliki oleh guru TK Kartini. Instrument penelitian
yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembaran observasi dan
dokumentasi yang dapat mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian
menunjukan bahwa, masih banyak lembaga TK yang harus
mendapatkan perhatian khusus baik dari pemerintah ataupun
pemerhati dunia PAUD. Banyak guru yang belum berkualifikasi
akdemik S1 PAUD atau tidak memiliki pengalaman dalam mengajar.
Hal ini, kemudian berdampak pada rendahnya mutu proses
pembelajaran, karena tidak dapat menstimulasi perkembangan anak
secara optimal, media yang tidak variatif dan metode yang tidak
sesuai dengan karakteristik anak.

Downloads

Published

2023-08-04