Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Fiqih Kelas V Di Mi Al-Insani Pringsewu Lampung Tahun Pembelajaran 2022/2023

Authors

  • Suratman Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Model Pembelajran Jigsaw, Pelajaran Fiqih, Hasil Belajar

Abstract

Pelajaran Fiqih masih di anggap kurang penting oleh
peserta didik. Padahal mata pelajaran fiqih yang di sajikan oleh guru
di Madrasah Ibtidaiyah sangat penting untuk dipelajari peserta didik,
agar mereka mampu menguasai nilai-nilai syariat islam dengan
menghayati dan memahami serta mengamalkannya dalam
kehidupan sehari-hari sehingga akan di peroleh manfaat dan hikmah
dari mempelajarinya. Pembelajaran model jigsaw ini mengambil
pola cara bekerja sebuah gergaji (jigsaw) yaitu siswa melakukan
sesuatu kegiatan belajar dengan cara bekerjasama dengan siwa
lain untuk mencapai tujuan bersama. Menurut penulis model
pembelajaran jigsaw ini dirasa cocok diterapkan dalam
pembelajaran fiqih. Alasan penulis memilih model pembelajam
jigsaw untuk mata pelajaran fiqih karena teknik ini selain didesain
untuk meningkatkan rasa tanggung jawab peserta didik secara
mandiri, juga menuntut saling ketergantungan yang positif (saling
membantu) dengan teman sekelompok. Setelah penulis menyajikan
laporan dan menganalisa, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar
FIQIH siswa kelas V MI Al Insani Pringsewu Lampung , hal ini
dapat dari indikasi peningkatan pada setiap siklus, yaitu pada siklus I
pertemuan pertama siswa yang tuntas berjumlah 9 sedangkan yang
tidak tuntas 12 kemudian meningkat pada siklus I pertemuan kedua
jumlah siswa yang tuntas 11 dan yang tidak tuntas 11 siswa lalu
terus meningkat pada siklus II.

Downloads

Published

2023-08-04