Motode Pemlajaran Problem Based Learning dan Tematik Terpadu di SDN 3 Aia Pacah

Authors

  • Ratna Wati Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Guru PAI, Menumbuhkan, Kecerdasan Spiritual

Abstract

Pengamatan ini bermanfaat dalam menjelaskan
pelaksanaan metode belajar mengajar dalam pembelajaran
terpadu sekolah dasar. Peserta didik tidak berpartisipasi
pada bidang ini karena pelajaran ini selalu dimotivasi oleh
pembelajaran teacher-centric (teacher-centric), guru tidak
memberikan pengalaman langsung, dan pembelajaran
tampak tidak fleksibel. Pelaksanan metode PBL
yaitu model belajar mengajar yang memaparkan
siswa pada permasalahan konkrit dalam kehidupan saat
belajar. Permasalah disajikan untuk siswa lalu mereka
memahami konsep dan materi yang berhubungan terkait
masalah tersebut. Oleh karena itu, untuk memecahkan
masalah ini, peserta didik menemukan bahwa peserta didik
memerlukan wawasan baru untuk belajar bagaimana
mengatasi permasalahan yang disajikan pendidik. Oleh
karena itu, model ini berpusat pada siswa karena sangat
penting untuk mengintegrasikan ekstrem ke dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode
literature review (pencarian dokumen) untuk
menyempurnakan analisis dari berbagai sumber yang
digunakan. Artikel dicari menggunakan jurnal online di
Google Scholar sebagai data hasil penelitian nya. Kata
kunci yang dapat di manfaatkan dalam pengamatan jurnal
tersebut yaitu proses belajar mengajar berbasis masalah,
model belajar mengajar tematik terpadu. Hasil analisis
artikel pelaksanaan metode pelajaran berbasis masalah
dikatakan efektif dalam menerapkan pembelajaran terpadu
tematik di tingkat dasar

Downloads

Published

2023-08-03