PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS

Authors

  • Siti Rohani Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian yakni hasil
belajar siswa masih rendah pada pelajaran IPS. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis Model Pembelajaran Contextual
Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS
Kelas III MIN 6 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian yakni Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil analisis data
penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pra siklus
sebanyak 55,71% dalam persentase ketuntasan klasikal yaitu
25% sebelum menerapkan model Contextual Teaching And
Learning. Nilai rata-rata siklus I sebanyak 66,42% dalam
bentuk persentase ketuntasan klasikal yaitu 50% siswa yang
tuntas atau di atas KKM berjumlah 14 siswa dan siswa belum
tuntas atau di bawah KKM yaitu 14 siswa, karena belum
mencapai nilai ≥ 70 lanjutkan tindak siklus II. Nilai rata-rata
siklus II sebanyak 77,86% dalam bentuk persentase ketuntasan
klasikalnya yaitu 85.71%, 24 siswa yang tuntas dan tidak tuntas
4 siswa atau 14.24%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan
model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan
hasil belajar siswa, siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 sebesar
85.71%. Implikasi penilitian menjadi bahan masukan bagi guru
dan calon guru dalam pemilihan model pembelajaran untuk
meningkatkan hasil maupun prestasi belajar siswa baik pada
kelasrendah maupun kelas tinggi pada semua mata pelajaran.

Downloads

Published

2023-08-03