Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Utik Lestari Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Dampak Gadget, Perkembangan Psikologi, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan gadget
terhadap perkembangan psikologi anak usia sekolah
dasar.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif, sehingga data yang dihasilkan berupa kata
dan kalimat. Metode kualitatif digunakan untuk meneliti
suatu kondisi obyek yang bersifat alamiah, peneliti
sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data
dilakukan secara triangulasi (observasi, wawancara,
dokumentasi), dan hasil penelitian kualitatif bersifat
memahami makna, keunikan, mengkontruksi fenomena,
dan menemukan hipotesis. Hasil dari penelitian ini
adalah penggunaan gadget berdampak pada
perkembangan psikologi anak sekolah dasar. Dalam
penelitian ini 10 anak di kelas V (lima) yang
menggunakan gadget dengan durasi lebih dari 2 jam
perhari mengalami perubahan perilaku. Dampak yang
ditimbulkan yaitu dampak positif, anak mudah mencari
informasi tentang pembelajaran, dan memudahkan untuk
berkomunikasi dengan teman. Namun, dampak negatif
yang ditimbulkan dari gadget, berpengaruh pada
perkembangan psikologi anak, terutama aspek
pertumbuhan emosi dan perkembangan moral. Dalam
pertumbuhan emosi, anak yang menggunakan gadget
menjadi mudah marah, suka membangkang, menirukan
tingkah laku dalam gadget serta berbicara sendiri pada
gadget. Sedangkan pengaruhnya terhadap perkembangan
moral, berdampak pada kedisiplinan, anak menjadi malas
melakukan apapun, meninggalkan kewajibannya untuk
beribadah, dan berkurangnya waktu belajar akibat terlalu
sering bermain game dan menonton youtube

Downloads

Published

2023-08-02