PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS IV MIN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Harmoko Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Student Facilitator and Explaining Learning Model, Learning Motivation, History of Islamic Culture

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV MIN 2 Bandar
Lampung dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang
kurang mendukung keaktifan siswa saat proses pembelajaran.
Adapun permasalahan yang mendasari dalam penelitian ini adalah
adakah pengaruh model pembelajaran cooperative tipe Student
Fcilitator and Explaining terhadap motivasi belajar Sejarah
Kebudayaan Islam siswa kelas IV MIN 2 Bandar Lampung. Dengan
demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran cooperative tipe Student Facilitator and Explaining
terhadap motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasy
Eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV MIN 2 Bandar Lampung yang terdiri dari 3 kelas. Sampel
penelitian ini adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 35 siswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol yang
berjumlah 34 siswa. Motivasi siswa diukur dengan menggunakan tes
berbentuk angket sebanyak 20 pernyataan yang telah dinyatakan
valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis statistik normalitas,
homogenitas dan uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh
model pembelajaran cooperative tipe Student Facilitator and
Explaining terhadap motivasi belajar. Pada kelas eksperimen dengan
menggunakan model Student Facilitator and Explaining, motivasi
siswa memiliki rata-rata skor 73,588.

Downloads

Published

2023-08-02