PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VI DI MI AL-ISLAH LUBUK KUYUNG PEKON SUKAMULYA KECAMATAN PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Siti Maemunah Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Creative Problem Solving (CPS), Materi Luas Bidang Datar, Matematika

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu dari
keterampilan abad 21 yang harus dimiliki siswa. Kemampuan ini
dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang
menghadapkan siswa pada masalah secara langsung. Penelitian ini
bertujuan meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, kemampuan
berpikir kreatif, dan hasil belajar siswa kelas VI di MI Al-Islah
Lubuk Kuyung berjumlah 76 siswa, yang terbagi dalam 2 kelas yaitu
VI A sebanyak 40 siswa dan VI B sebanyak 36 siswa dengan
menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).
Adaput tes yang dilakukan yaitu pretest dan postest. Untuk melihat
pengaruh analisis data dihitung menggunakan peningkatan
kompetensi yang terjadi sebelum dan sesudah pembelajaran yaitu
dengan menggunakan rumus gain ternormalisasi (N-Gain) kemudian
untuk melihat besarnya pengaruh, dilakukan uji t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain yang diperoleh kelas
eksperimen sebesar 0,226 dan N-Gain yang di peroleh kelas kontrol
sebesar 0,185 Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data
menggunakan uji t diperoleh 3,227 dan 1,666 dengan taraf signifikasi
5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran menggunakan model pembelajaran CREATIVE
problem Solving lebih baik di bandingkan pembelajaran yang
menggunakan model konVIensional (Direct Instruction).

Downloads

Published

2023-08-02